Mulanya, uruslah bisnis sendiri

Intisari - - SOROTAN -

Dalam berbisnis ada beragam motivasi yang melandasinya. Jika kita melakukannya sebagai penghidupan, berarti kita harus siap dengan ketidakpastian income (pemasukan). Kita perlu benarbenar menyadari, tak selamanya sebuah bisnis akan menguntungkan. Bagi mereka yang baru memulai, kenyataan ini kerap menjadi momok yang menakutkan.

Sebenarnya ada cara sederhana untuk menyikapi dan mengendalikan ketidakpastian income. Yakni, uruslah bisnis kita sendiri. Ya, lakukanlah semuanya seorang diri. “Perketatlah perut (pengeluaran). Segala macamnya itu harus dikerjakan sendiri dulu,” kata Andrie Wongso, motivator sekaligus pengusaha dan coach bisnis.

Mengurus bisnis secara mandiri dapat membuat pengeluaran kita lebih irit. Bagi yang baru mulai berbisnis, tindakan ini penting sebagai salah satu cara mengurangi kerugian.

Sebaiknya, jangan terlalu dini untuk berpikir agar bisnis cepat berkembang. Resapi dulu “nikmatnya” mengurus bisnis seorang diri. Di masa depan, pengalaman mengurus bisnis seorang diri dapat menguatkan mental wirausaha kita. Lebih tahan banting. Mental menjadi tidak mudah jatuh seandainya bisnis sedang menurun.

Sebelum memulai bisnis, kita perlu memantapkan tujuan yang ingin dicapai. Sebab, tujuan akan membantu untuk menemukan ambisi kita. Menurut Andrie, sikap ambisus

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.