Tips Bekerja di Perusahaan Asing

Intisari - - Career Story -

Tentu ada kesan tersendiri bekerja di perusahaan asing atau dengan bos ekspatriat. Selain dapat belajar budaya yang berbeda, kesempatan karier di dunia internasional pun lebih besar. Syukursyukur mendapat promosi untuk bekerja di negara asal perusahaan.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips bekerja di perusahaan asing atau memiliki bos ekspatriat, menurut Handi Kurniawan, Global Human Resources Leader dan penulis buku Go Global: Guide to a Successful International Career:

Kenali setiap budaya perusahaan

Setidaknya, ada tiga jenis budaya yang perlu dikenal, yakni budaya perusahaan sendiri, budaya negara perusahaan itu berasal, dan budaya dari function atau departemen karyawan berada.

Misalnya, perusahaan AS atau Inggris cenderung lebih tegas, menghargai setiap pendapat, dan senang terhadap karyawan yang aktif. Sedangkan, perusahaan Jepang dan Korea cenderung kaku. Mereka masih menjunjung tinggi senioritas.

2 Mengasah kemampuan lebih

Selain kemampuan bahasa asing, bekerja di perusahaan asing juga diperlukan pemikiran yang kritis, ide yang cemerlang, kemandirian, kemampuan memecahkan masalah, kolaborasi, dan inovasi. Hal itulah yang kebanyakan diinginkan oleh bos ekspatriat.

Bangun kepercayaan

Biasanya, membangun kepercayaan dengan orang yang berbeda budaya dengan kita jauh lebih sulit. Namun, jika hal itu dapat terwujud akan memudahkan Anda dalam bekerja. Langkah awal yang dapat dilakukan untuk membangun kepercayaan adalah dengan memahami karakter satu sama lain.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.