R dan VR

Intisari - - SOROTAN -

Kita baru saja dibuat kagum oleh teknologi Visual Reality ( VR) danAugmented Reality (AR). Produk Oculus Rift sudah dirilis. Yang menghebohkan, kita disuguhi Pokemon Go dan permainan AR lainnya. Itu baru pancingan untuk tes pasar. Ternyata, sudah lebih dari 100 juta orang mengunduh permainan AR maupun VR. Teknologi lebih canggih berbasis AR dan VR pun diperkirakan bakal mulai muncul pada 2017.

AI dan AML

Artificial Intelligence (AI) merupakan kemampuan inteligensia perangkat atau sensor dan Advanced Machine Learning (AML) adalah kelanjutannya. Kini sudah banyak yang mengembangkan AML canggih, mampu mempelajari, memahami, menganalisis, beradaptasi, menginspirasi, dan beroperasi secara otomatis.

Beberapa tahun ini kita sudah disuguhi machine learning yang mampu membantu memahami algoritma search engine Google. Ke depan, diperkirakan muncul AML yang akan menjadi kekuatan banyak aplikasi. Di perbankan, misalnya, beberapa tugas bisa dilakukan AI dan AML, seperti transaksi, perkembangan transaksi, dan model-model perspektif transaksi. Bahkan, sistem ini juga bisa menganalisis nilai-nilai bisnis.

Automation

Kita sudah melihat kemampuan teknologi otomatisasi, bahkan dalam dua tahun sudah ada robot wartawan untuk memasang artikel di aplikasi atau web secara otomatis. Tahun 2017 diperkirakan akan ada lompatan teknologi automation yang diperkuat dengan learning machine yang canggih. Sehingga, banyak perangkat atau aplikasi yang akan mampu mengerjakan tugas-tugas manusia lebih banyak. Artinya, akan banyak pula pekerjaan yang hilang dari manusia.

Big Data yang Humanis

Dalam lima tahun terakhir big data sering menjadi topik. Namun, selama ini kekuatan big data sebagai setting manajemen data yang kompleks dan banyak, lebih terkonsentrasi pada aspek kuantitatif.

Mulai 2017, diperkirakan big data akan bersifat lebih manusiawi,

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.