Inovasi Teknologi Medis Makin Canggih

Intisari - - SOROTAN -

Perkembangan teknologi medis yang semakin pesat, bukan hanya mempermudah kinerja para tenaga medis. Namun juga memberi kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dan fasilitas kesehatan dengan hasil yang optimal.

Perangkat pencitraan untuk diagnosis ( screening) seperti CT-Scan dan MRI misalnya, membuat proses diagnosis lebih cepat dan akurat. Kedua perangkat tersebut juga semakin disempurnakan dengan serinya masing-masing. Seperti MRI 3 Tesla Skyra, yang bisa digunakan untuk melihat dengan jelas bagian tubuh yang ukurannya kecil, seperti pembuluh kapiler.

Selain itu, akurasi pencitraan teknologi ultrasonografi (USG) juga makin membaik. Kini, dengan USG 4 Dimensi, gerakan janin (gerakan jari, kepala, hingga denyut jantung) dapat dilihat kondisinya dengan jelas. Apalagi jika teknologi USG sudah menggunakan kamera high definition (HD) kelainan-kelainan pada janin dapat dideteksi dini.

Perkembangan teknologi untuk operasi kini sudah menggunakan bantuan komputer ( computer assisted surgery). Pasien tidak perlu khawatir dengan luka operasi yang biasanya meninggalkan bekas. Teknik operasi yang dilakukan dengan tingkat presisi tinggi ini juga sudah bisa dilakukan di Indonesia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.