Pesaing Lain GPS: Beidou dan Glonass

Intisari - - Healthy Life -

Galileo bukan satu-satunya pesaing GPS. Ada Beidou dan Glonass. Satelit navigasi milik Tiongkok, Beidou, terdiri atas 16 satelit yang melayani wilayah Asia-Pasifik. Direncanakan akan melayani secara global dengan menambahkan satelit menjadi total 30 sampai 2020. Selain itu tingkat akurasi juga akan ditingkatkan hingga mampu bersaing dengan GPS milik AS.

Pemerintah Tiongkok melihat kesuksesan Beidou ini akan memberikan efek yang penting bagi dunia militer seperti pemandu misil, kapal perang, dan pesawat tempur. Juga untuk tujuan sipil. Selain menyediakan informasi lokasi dan waktu, Beidou juga memungkinkan penggunanya untuk saling kirim pesan.

Sementara itu Glonass ( Globalnaya Navigazionnaya Sputnikovaya Sistema atau Global Navigation Satellite System) milik Rusia menggunakan 24 satelit seperti GPS AS. Awalnya untuk penggunaan militer, pada 2007 Rusia membuat Glonass bisa dipakai untuk sipil dan komersial, sama seperti yang dilakukan oleh AS dengan GPS-nya pada 1980.

Glonass lebih efisien di garis lintang utara. Hal yang wajar sebab tujuan diluncurkannya Glonass adalah untuk beroperasi di wilayah Rusia, rumah dari beberapa garis lintang tertinggi di planet ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.