Gelar Ronaldo dan ’’Boikot’’ Barca

Jawa Pos - - Jawa Pos -

ZURICH – Tidak hanya di atas lapangan, rivalitas antara Real Madrid dan Barcelona juga terjadi di arena Best FIFA Football Awards di Zurich, Swiss, kemarin WIB. Barca memutuskan ’’memboikot’’ ajang yang menahbiskan bintang Real Cristiano Ronaldo itu sebagai Pemain Terbaik Dunia 2016.

Dengan alasan menyiapkan diri untuk laga Copa del Rey melawan Athletic Bilbao dini hari nanti, Barca tidak mengirimkan seorang pun wakilnya dalam acara bergengsi tersebut. Padahal, ada empat penggawa Barca yang masuk daftar tim terbaik. Yakni, Lionel Messi, Andres Iniesta, Luis Suarez, dan Gerard Pique. Hanya Dani Alves, mantan pemain Barca, yang hadir

Namun, Alves kini berstatus pemain Juventus.

’’Saya jauh lebih senang menerima penghargaan ini seandainya Messi dan seluruh pemain Barca berada di sini. Namun, saya sangat memahami kondisi mereka yang sedang berjuang di Copa del Rey,’’ tutur Ronaldo sebagaimana diberitakan Marca kemarin.

Copa del Rey sejatinya ajang kelas dua di Spanyol. Namun, Barca terancam tersisih setelah kalah 1-2 oleh Bilbao pada leg pertama babak 16 besar. Kondisi itulah yang dijadikan alasan kubu Barca untuk tidak mengirimkan wakilnya ke Zurich.

Legenda sepak bola Argentina Diego Maradona menyayangkan sikap Barca tersebut. ’’Saya tidak tahu mengapa Barcelona tidak mengirimkan pemainnya ke sini. Mereka punya prioritas, dan itu adalah tidak mengirimkan Leo (Messi),’’ katanya.

Pemilihan pemain terbaik FIFA dilakukan lewat voting. Pemilik suara adalah kapten dan pelatih timnas, wartawan terpilih, serta jajak pendapat suporter. Setiap suara dari mereka memiliki bobot 25 persen.

Sebagai kapten timnas masingmasing, Ronaldo dan Messi juga memberikan suara. Namun, ada komitmen di antara mereka untuk tidak memilih diri sendiri. Sebagai kapten Portugal, Ronaldo memilih tiga rekannya di Real. Yakni, Gareth Bale, Luka Modric, dan Sergio Ramos. Sementara itu, Messi yang menjadi kapten Argentina memilih tiga temannya di Barca. Yaitu, Luis Suarez, Neymar, dan Iniesta.

Capaian Ronaldo sepanjang 2016 memang luar biasa. Baik di level klub maupun timnas. Bintang 31 tahun itu membawa Real menjadi juara Liga Champions. Ronaldo juga menjadi top scorer dengan 16 gol. Di level timnas, CR7 –julukan Ronaldo– mengantar Portugal menjadi kampiun Euro 2016. Itulah gelar mayor pertama dalam sejarah Portugal.

Ronaldo mendapatkan 34,54 persen suara. Messi menyusul dengan 26,42 persen suara. Sementara itu, bintang Atletico Madrid asal Prancis Antoine Griezmann mengumpulkan 7,53 persen suara. ’’Tahun 2016 adalah tahun terbaik bagi saya, baik secara individu maupun tim,’’ kata Ronaldo sebagaimana dilansir Reuters. (dra/c17/ca)

ENNIO LEANZA/EPA

BAHAGIA: Cristiano Ronaldo bersama putranya, Cristiano Ronaldo Junior, dan sang kekasih, Georgina Rodriguez.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.