Jangan Lagi Bereksperimen

Jawa Pos - - Total Football -

SOUTHAMPTON – Ketika ditahan imbang 0-0 oleh klub kasta keempat Plymouth Argyle pada babak ketiga Piala FA (8/1), Juergen Klopp memang bereksperimen. Pelatih Liverpool itu menurunkan starter dengan banyak pemain muda atau rata-rata berusia 21 tahun 296 hari.

Kebijakan yang tampaknya tidak lagi diulang Klopp saat Liverpool melawat ke St Mary’s, kandang Southampton, dini hari nanti. Sebab, The Reds –sebutan Liverpool– tentu tidak ingin menuai hasil mengecewakan dalam leg pertama semifinal Piala EFL tersebut.

Apalagi, Klopp menyimpan ambisi untuk menjuarai ajang bernama lain Piala Liga tersebut. Musim lalu Klopp harus merelakan trofi juara dimiliki Manchester City setelah The Reds kalah adu penalti 1-3 dalam final di Wembley Stadium. ’’Di Inggris, rating Piala EFL adalah ketiga (di bawah Premier League dan Piala FA, Red). Tapi, saat Anda masih berkompetisi di sana, ajang itu berarti sangat penting,’’ kata Klopp sebagaimana dilansir Independent.t.

Klopp pun me--negaskan akan m e nurunkan komposisi terbaik me lawan Soton, julukan South - ampton. Kecuali, kiper Loris Karius, pemain

outfield yang turun melawan Plymouth, sangat mungkin tidak bermain sebagai starter. Klopp juga mempertimbangkan untuk memberikan menit pertama kepada Philippe Coutinho yang absen hampir dua bulan terakhir. Winger asal Brasil tersebut sudah pulih dari cedera ligamen engkel yang dialami ketika melawan Sunderland di Premier League (26/11). Selain Sadio Mane yang membela negaranya, Senegal, pada Piala Afrika 2017, daftar absen Liverpool hanya diisi Jordan Henderson dan Joel Matip. ’’Phil (panggilan untuk Coutinho, Red) sudah cukup fit meski belum ada kepu tus an final untuk menjadikannya starter,’’ jelas Klopp. Berbeda dengan tuan rumah, pelatih Soton Claude Puel dihadapkan pada masalah pelik dengan kondisi timnya. Kapten tim sekaligus bek andalannya, Jose Fonte, tidak lagi masuk dalam skuad karena mengajukan permintaan untuk ditransfer. Manchester United adalah klub yang santer dikaitkan dengan bek 33 tahun asal Portugal tersebut. ’’Jose tidak terlibat dalam pertandingan nanti. Kita lihat saja di pertandingan berikutnya karena sangat penting menjaga stabilitas tim,’’ ujar Puel kepada Sports Mole. Berkaca dari lima pertandingan terakhir, performa Liverpool lebih konsisten seiring dengan mengemas tiga kali kemenangan dan dua kali seri. Soton hanya mampu menang sekali, tiga kali kalah, dan sekali imbang. Meski begitu, Soton mampu menyulitkan Liverpool seiring dengan hasil seri tanpa gol dalam pertemuan di Premier League (19/11). ’’Pertemuan saat itu memperlihatkanat a kami bermain dengan kontrol bola bagus dan pertahanan yang solid. Tapi, kami harus berada dala dalam level lebih ba baik kali ini karen na mereka ( Liverpool, Red) tentu juga berbenah,’’ ungkap Puel. ( okt/ c14/ dns)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.