15 MENIT UNTIL BUGAR

MANFAATKAN BENDA-BENDA DI RUMAH

Jawa Pos - - Lifestyle - (esa/c7/jan)

SURABAYA – Sayangi dirimu dengan berolahraga. Kalimat tersebut tidak sekadar ungkapan. Tapi, memang benar adanya. Rutinitas padat, polusi, dan stres memicu berbagai macam penyakit. Sempatkan untuk berolahraga. Tidak harus pergi ke tempat fitness, lakukan saja aktivitas fisik selama 15 menit di rumah. Setiap hari. Benda-benda di dalam rumah bisa dimanfaatkan untuk berolahraga. Misalnya, kursi, meja, botol minum, dan handuk. Selain menjadi bugar, cara itu menghemat waktu dan biaya. ”Tidak ada waktu untuk berolahraga itu omong kosong. Siapa bilang badan yang sehat harus modal banyak?” ucap personal trainer Ema Puspa Nirmala di Regency 21 Family Club kemarin. Ema membagi beberapa trik olahraga simpel, namun berdampak besar pada tubuh. Kalau di rumah tidak ada dumbbell, gunakan saja dua botol berisi 600 ml air. Umumnya, yang sering dikeluhkan perempuan adalah bagian lengan, perut, paha, dan pantat. Sebab, di sanalah tempat menumpuknya lemak. Kebutuhan olahraga setiap individu berbeda. Perempuan yang telah menjadi personal trainer selama 15 tahun itu berpendapat, orang dengan berat badan berlebih sebaiknya mengambil porsi latihan kardio 70 persen dan beban 30 persen. Sementara itu, yang bertubuh sedang atau cenderung kurus mengambil porsi sebaliknya. ”Banyak orang yang percaya mitos kalau gendut nggak boleh latihan beban. Dengan porsi yang pas, tentu hasilnya akan memuaskan,” terangnya. Di samping itu, tambah dia, asupan nutrisi sangat diperlukan tubuh. ” Badan kita membutuhkan banyak protein. Sampo aja ada proteinnya, kan,” cetusnya, lalu tertawa. Protein berguna untuk memperbaiki sel yang rusak dan merangsang pertumbuhan otot. ”Pilih makanan dan minuman tinggi protein,” lanjutnya.

Gunakan sebuah bangku atau kursi untuk melakukannya. Anda bisa melakukannya dengan menekuk atau meluruskan lutut. Lakukan 3 sampai 5 set, 12 sampai 15 repetisi. Kegunaan: Membentuk otot trisep

Kegunaan: Mengencangkan otot perut Jika dilakukan dengan rutin dan benar, Anda bisa membuat perut menjadi lebih kencang dan rata. Gunakan matras dan handuk. Caranya, tekuk lutut, tidur telentang, lalu bangun. Ayunkan handuk ke atas, seirama dengan posisi sit-up. Lakukan 3 set, 15 repetisi.

Kegunaan: Membentuk otot bahu Anda bisa menggunakan dua botol minum berisi air 600 ml. Tahap pertama, kaki dibuka selebar bahu dan punggung tegak. Gerakannya, sambil menggenggam botol, tangan ditekuk 90 derajat, lalu dorong ke atas hingga posisi tangan lurus. Lakukan 3 sampai 5 set, 12 sampai 15 repetisi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.