Jawa Pos

Ruang Kelas IV SDN Bandung II Ambruk

-

JOMBANG – Kegiatan belajar-mengajar di SDN Bandung II, Kecamatan Diwek, tak bisa berjalan normal. Itu terjadi setelah ruang kelas IV ambruk Jumat malam (21/4). Diduga, kondisi bangunan sudah lapuk.

Berdasar keterangan yang dihimpun di lokasi, ruangan itu ambruk sekitar pukul 22.00. Padahal, saat itu tak ada hujan atau angin kencang. Bangunan yang berlokasi di depan taman tersebut tiba-tiba ambruk. ”Ambruknya semalam, mungkin bangunan sudah tua,” kata Agus Cahyono, penjaga sekolah.

Hampir seluruh atap beserta kuda-kuda bangunan berserakan di lantai. Beberapa kayu bekas kuda-kuda keropos lantaran dimakan rayap. ”Setahu saya, bangunan

lama sekitar 40- an tahun,” ungkapnya.

Hingga kemarin (22/4), belum dilakukan pembersiha­n di ruangan yang ambruk. Untuk sementara, pihak sekolah memasang tali pembatas di sekitar lokasi.

Bukan hanya satu ruang itu yang memperliha­tkan kondisi begitu miris. Ada tiga ruang lain yang juga sudah lapuk. Masing-masing ruang kelas V, VI, dan ruang guru.

Untuk sementara, tiga ruang tersebut juga tidak digunakan. ”Jadi, ada dua lokal yang tidak ditempati karena membahayak­an,” jelas Agus.

Plafon ruang kelas V dan VI juga sudah jebol. Begitu pula tiang penyangga di depan ruangan masing-masing. Sebagian juga sudah dipasangi bantuan penyangga.

”Semuanya tidak digunakan sejak satu bulan lalu,” ungkap Agus.

Karena kondisi bangunan yang lapuk plus ambruknya salah satu ruang kelas itu, kini aktivitas belajar dan mengajar terganggu. Untuk sementara, pembelajar­an siswa kelas VI dipindahka­n ke ruang kelas III. ”Jadi, jam masuknya bergantian. Salah satu kelas lain untuk sementara menempati ruang parkir,” terang dia.

Kondisi bakal lebih parah lantaran awal pekan depan siswa kelas VI menghadapi ujian sekolah. ” Pernah diajukan pembanguna­n baru. Cuma, belum ada realisasi,” urainya.

Sementara itu, berdasar pantauan di lokasi, sejumlah anggota kepolisian memeriksa ruang kelas.

Beberapa kayu bekas runtuhan keropos. Bahkan, salah seorang petugas menemukan rayap di dalam kayu bekas kuda-kuda tersebut. (fid/bin/c11/diq)

 ?? HAFIDZ/JAWA POS RADAR JOMBANG ?? GANGGU KEGIATAN BELAJAR: Ruang kelas IV SDN Bandung II yang ambruk Jumat malam lalu.
HAFIDZ/JAWA POS RADAR JOMBANG GANGGU KEGIATAN BELAJAR: Ruang kelas IV SDN Bandung II yang ambruk Jumat malam lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia