Jawa Pos

Hayden Tutup Usia

Setelah Lima Hari Kritis karena Kecelakaan

-

– Dunia motorsport berduka. Nicky Hayden, juara dunia MotoGP 2006, kemarin meninggal dunia. Dia meninggal dalam usia 35 tahun lantaran cedera parah karena tertabrak mobil saat bersepeda Rabu pekan lalu (17/5).

Kecelakaan yang terjadi pada pukul 14.00 waktu setempat itu mengakibat­kan luka parah pada kepala dan dada

Tragisnya lagi, insiden itu dialami pembalap berjuluk The Kentucky Kid tersebut di dekat Sirkuit Misano di Rimini, Italia. Itu adalah salah satu sirkuit legendaris di ajang MotoGP.

Setelah kecelakaan tersebut, Hayden dirawat di Rumah Sakit Bufalini, Cesena, Italia. Dalam keterangan pers terakhir, tim dokter yang menangani Hayden menyebut pembalap yang pernah membela Repsol Honda dan Ducati itu mengalami cedera otak serius.

Hayden memulai karir di MotoGP pada 2003. Dia tidak butuh waktu lama untuk menjadi juara dunia. Setelah pada 2005 finis di posisi runner-up, pada 2006 Hayden melejit dengan keluar sebagai juara bersama Repsol Honda.

Konsistens­i menjadi kunci juara Hayden. Pada 2006 dia hanya menang dua kali untuk menjadi juara dunia. Ketika itu dia mengalahka­n pembalap MotoGP paling populer Valentino Rossi. Pada 2009 Hayden sempat memilih meneruskan karir di Ducati. Setelah 14 musim berkarir di MotoGP, Hayden mengambil keputusan besar dengan bergabung di Superbike bersama Honda pada 2016. Di ajang tersebut musim lalu dia mencuri kemenangan di Malaysia. Kali terakhir Hayden turun di lintasaan pada 14 Mei lalu di Grand Prix Italia. Dia kini berada di posisi ke-13 klasemen dengan mengumpulk­an 40 poin.

 ??  ?? Nicky Hayden
Nicky Hayden
 ?? TOMMASO TORRI/ANSA VIA AP ?? MOBIL MAUT: Kaca mobil yang menabrak Hayden sampai pecah karena benturan yang sangat keras. Foto bawah, sepeda Hayden terlempar ke semak-semak.
TOMMASO TORRI/ANSA VIA AP MOBIL MAUT: Kaca mobil yang menabrak Hayden sampai pecah karena benturan yang sangat keras. Foto bawah, sepeda Hayden terlempar ke semak-semak.
 ?? TOMMASO TORRI/EPA ??
TOMMASO TORRI/EPA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia