Bentuk Satgas Kawal Investasi Strategis

Jawa Pos - - Ekonomi Bisnis -

JAKARTA – Pemerintah bakal memberikan prioritas pada sejumlah proyek investasi dengan nilai paling besar. Proyek-proyek tersebut dikawal satuan tugas (satgas) khusus agar segera terealisasi.

Menko Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan, Satuan Tugas Pendampingan Pelaksanaan Investasi itu akan dimiliki seluruh kementerian dan lembaga yang dipimpin pejabat setingkat direktur jenderal (eselon I). Satgas yang bertugas menyelesaikan perizinan investasi tersebut juga bakal ada di seluruh pemerintah daerah.

Satgas khusus pengawalan rencana investasi bernilai besar itu nanti berbentuk single submission atau satu kesatuan. Pembentukan satgas tersebut menjadi salah satu poin dalam paket kebijakan ekonomi XVI yang diumumkan Presiden Jokowi di Bursa Efek Indonesia pada hari ini (31/8).

Sementara itu, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong menilai banyak rencana investasi yang belum terealisasi karena terbentur aturan di banyak kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Karena itu, dibutuhkan upaya khusus untuk melancarkan realisasi rencana investasi tersebut. Khususnya untuk proyek-proyek tertentu yang nilainya paling besar. Jumlah proyek strategis itu mencapai 200–300 proyek. ’’Data BKPM, 1 persen dari jumlah proyek, mencakup 70 persen nilai investasi nasional,’’ terangnya. (byu/c14/noe)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.