Jawa Pos

Lesu, Elektronik Tunda Ekspansi

-

SURABAYA – Penjualan elektronik pada tahun ini diperkirak­an belum memenuhi harapan produsen dan retailer. Alasannya, permintaan pasar pada semester kedua ini belum membaik.

Presiden Direktur Hartono Elektronik­a Roy Suprapto menyatakan, pihaknya masih menikmati pertumbuha­n pasar pada semester pertama. Namun, target perseroan 10 persen belum tercapai jika dibandingk­an dengan tahun lalu. ’’Kondisi ekonomi belum terlalu membaik sehingga ada kelesuan di beberapa sektor,’’ ujarnya kemarin (31/8).

Kontribusi utama penjualan Hartono masih ditopang home appliances. Porsinya sekitar 30 persen. Setelah itu dari produk audiovisua­l. ’’Pada tahun ini pun, kami belum berani ekspansi membuka toko baru akibat kondisi pasar. Tahun depan barulah kami berani ekspansi ke Jakarta,’’ katanya.

Hartono telah memiliki 10 gerai elektronik. Sembilan gerai berada di Jawa Timur dan satu gerai di Jakarta.

Senada dengan Hartono Elektronik­a, Direktur UFO Electronic­s Poedji Harixon mengakui bahwa pihaknya justru mengalami penurunan penjualan 10 persen bila dibandingk­an dengan semester pertama tahun lalu. ’’Pada awal semester kedua ini, belum ada kenaikan permintaan yang signifikan. Kami harapkan ada perbaikan pada bulan 9 nanti atau pada kuartal keempat,’’ tuturnya.

Meski demikian, ada sejumlah produk yang penjualann­ya meningkat, terutama kulkas. (vir/c14/noe)

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? MASIH TERTEKAN: Deretan produk elektronik di Hartono Elektronik­a, Bukit Darmo Boulevard, Surabaya.
FRIZAL/JAWA POS MASIH TERTEKAN: Deretan produk elektronik di Hartono Elektronik­a, Bukit Darmo Boulevard, Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia