Jawa Pos

Festival Jajanan Kantin Sehat Masuk Muri

-

SIDOARJO – Aktivitas Pemkab Sidoarjo kembali masuk catatan Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri). Yakni, festival jajanan kantin sehat dengan peserta terbanyak. Penyelengg­aranya adalah tim pembina usaha kesehatan sekolah (UKS) Sidoarjo.

Festival jajanan kantin sehat digelar di parkir timur Ramayana. Sebanyak 30 sekolah berpartisi­pasi. Perinciann­ya, 10 SD, 10 SMP, dan 10 SMA serta SMK, baik negeri maupun swasta. Masing-masing sekolah menjajakan makanan sehat yang selama ini dijual di kantinnya.

Misalnya, MI Darussalam, Sugih Waras, Candi. Mereka menyuguhka­n ketan dengan wadah plastik. Kantin Seroja SDN Janti Waru juga tidak mau kalah. Menu yang disuguhkan adalah tape, tapi dikemas apik dengan besek.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dan Manajer Muri Ariani Siregar memeriksa satu per satu stan tersebut. Di stan MI Darussalam, Saiful berhenti. Melihat ada ketan, pria 68 tahun itu langsung memborongn­ya. ”Saya beli banyak, ya,” ucapnya kemarin (31/8).

Langkah Saiful dan Ariani kembali tertahan agak lama saat melihat pi- ramida dari beragam jajanan pasar. Ada lapis, nagasari, ketan, serabi, dan jenang jagung. Lantas, keduanya berfoto bersama piramida setinggi 1,5 meter tersebut.

Ariani menyatakan, Sidoarjo memang layak mendapat penghargaa­n. Sebab, festival kantin sehat dengan peserta sebanyak 30 sekolah belum pernah diadakan di tempat lain. ” Yang ada baru sarapan bersama,” katanya. Sebelumnya, dia memberikan piagam rekor Muri yang dipigura kepada Saiful.

Dia menjelaska­n, Sidoarjo telah me- nerima sejumlah penghargaa­n Muri. Misalnya, pameran lukisan terbanyak, kuis RT dan RW dengan peserta terbanyak, serta membuat klepon terbanyak dan menggoreng dengan peserta terbanyak. Tak ketinggala­n, kegiatan literasi membaca koran oleh puluhan ribu siswa dilakukan secara serentak. ”Ini (festival kantin sehat, Red) merupakan penghargaa­n keenam Muri bagi Sidoarjo,” jelasnya.

Saiful meminta sekolah terus memberikan jajanan sehat bagi siswa. ”Siswa juga harus berhati-hati dan menjaga kesehatan,” pesannya. (aph/c16/pri)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia