Jawa Pos

Tetap Bugar saat Liburan

-

SURABAYA – Persebaya Surabaya memang libur latihan selama enam hari. Lagi pula, pertanding­an berikutnya melawan Persinga Ngawi (14/9) juga masih lama. Namun, itu bukan alasan bagi para pemain klub berjuluk Green Force tersebut untuk terlalu santai dan lupa menjaga kebugaran.

Sebelum liburan, pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera juga memberikan panduan agar tetap menjaga kebugaran selama libur. ’’Pelatih juga sempat memberikan saran latihan seperti apa yang harus kami (pemain, Red) lakukan selama liburan. Itu demi kebaikan kami sendiri,’’ ujar gelandang Persebaya Sidik Saimima. Kebetulan, dia menjadi salah seorang pemain yang tidak pulang kampung selama liburan Idul Adha kali ini. Dia tetap tinggal di apartemen Persebaya dan sesekali singgah ke mes klub internal Persebaya Anak Bangsa. Meski libur, setiap pagi dia tetap rutin ngegym.

Begitu pula dengan bek M. Syaifuddin. Kemarin pemain jebolan klub internal Al Rayyan tersebut ngegym untuk kali pertama selama liburan di apartemen. Sebelumnya, dia mengaku lebih banyak melakukan jogging. Latihan treadmill dilakukan untuk penguatan otot kakinya.

’’Memang pertanding­an berikutnya masih lama. Tapi, pemain juga berkewajib­an untuk menempa diri. Kami semua pasti punya kesadaran untuk melakukann­ya. Saya pun menjalanka­n materi latihan yang diberikan pelatih,’’ ungkap pemain bernomor pungung 4 itu.

Kemudian, bek Andri Muliadi dan kiper Miswar Saputra yang kebetulan tetap tinggal di apartemen selama liburan mengisi waktu dengan latihan yang cukup variatif. Karena memiliki partner, Andri banyak melakukan latihan passing dengan Miswar yang sama-sama dari Aceh.

Sebelum liburan, Alfredo memang memberikan saran porsi latihan kepada para pemain. Tapi, dia tidak memaksa Rendi Irwan dkk harus melakukann­ya. Dia juga ingin para pemain menikmati liburan. ’’Yang utama penjagaan fisik dan feeling bola. Nanti, latihan pertama setelah libur, secara seragam kami harus mulai adaptasi latihan itu,’’ kata pelatih asal Argentina tersebut. (dit/c22/ham)

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? TETAP FIT: Gelandang Persebaya Sidik Saimima berlatih di gym apartemen Persebaya di Surabaya Barat (2/9).
ANGGER BONDAN/JAWA POS TETAP FIT: Gelandang Persebaya Sidik Saimima berlatih di gym apartemen Persebaya di Surabaya Barat (2/9).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia