Jawa Pos

Siswa Bisa Produksi Engsel Sendiri

-

SIDOARJO – Pembelajar­an ekstrakuri­kuler di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YPM 8 Sidoarjo layak menjadi contoh. Dengan memanfaatk­an bengkel di sekolah, mereka berhasil membuat ratusan engsel untuk daun pintu maupun jendela. Bahkan, produk itu juga menembus banyak toko bangunan.

Produksi engsel karya siswa SMK YPM 8 tersebut dimulai tahun lalu. Ide tersebut disepakati saat melihat banyak besi sisa yang bisa dimanfaatk­an lagi. ” Kan engsel tidak butuh besi banyak,” ujar Didik Wakahumas SMK YPM 8 Sidoarjo Teguh Wahyudi.

Menurut Didik, mesin untuk melunakkan besi sudah ada di sekolah. Demikian juga mesin bubut. Karena itu, anak-anak didiknya tinggal mempraktik­kan ilmu di kelas. Besi-besi sisa tersebut lantas disulap menjadi barang yang bermanfaat. Pembelajar­an itu sekaligus melatih jiwa kewirausah­aan siswa. ”Mereka mampu produksi, juga harus berusaha memasarkan­nya,” terang Didik

Dengan demikian, lanjut dia, saat lulus SMK, mereka sudah memiliki modal lebih. ”Barang yang mereka buat pasti dibutuhkan di ranah pembanguna­n. Ini menjadi alternatif karena harganya sudah pasti lebih murah,” terang Didik. (uzi/c10/hud)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia