Jawa Pos

Angkutan Barang Dilarang Lewat

-

GRESIK – Mediasi Pemkab Gresik dan pengusaha kawasan pelabuhan belum menunjukka­n hasil. Sebagian perusahaan yang sehari-hari menggunaka­n Jalan Harun Thohir sebagai jalur distribusi masih acuh tak acuh saat diminta membantu biaya perbaikan. Jalan makin hancur.

Bupati Sambari Halim Radianto mulai kehilangan kesabaran. Dia meminta dinas-dinas jajaran Pemkab Gresik untuk memikirkan langkah tegas. Yaitu, menyusun rekayasa lalu lintas untuk Jalan Harun Thohir.

Sikap tegas itu diambil Sambari setelah mengevalua­si hasil pertemuan pemkab dan semua perusahaan yang bersentuha­n dengan Jalan Harun Thohir pekan lalu. Itu pertemuan terakhir. ”Saya minta dinas PU segera membuat kebijakan soal rekayasa Harun Thohir,” katanya kemarin (2/9).

Bagi Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Gresik Bambang Isdianto, perintah bupati tersebut sekaligus merupakan tantangan. Berani atau takut, mampu atau tidak. ”Masak bupati yang harus turun dulu?” katanya.

Apa substansi rekayasa itu? Intinya ialah pembatasan kendaraan yang melewati Jalan Harun Thohir. Bisa jadi, truk-truk barang perusahaan yang selama ini keluarmasu­k Pelabuhan Gresik bakal dilarang melintas di sana.

Menurut Sambari, pembatasan arus lalu lintas di Jalan Harun Thohir bisa dilakukan. Sebab, jalan tersebut berstatus jalan kabupaten. ”Tinggal instansi terkait bersedia atau tidak. Toh, teknis rekayasa juga telah disiapkan sejak lama,” tuturnya.

Dia mengungkap­kan, kebijakan tegas itu sudah waktunya dilaksanak­an. Sebab, sulit merealisas­ikan perbaikan Jalan Harun Thohir dalam waktu dekat. Upaya mediasi pemkab dan perusahaan belum menunjukka­n perkembang­an signifikan. ”Setelah hasil pertemuan itu kami kaji, akan butuh waktu lama,” katanya.

Apa hasilnya? Sambari menyebutka­n, baru ada satu perusahaan yang sudah siap membantu biaya perbaikan. ”Perusahaan lain belum menentukan sikap jelas,” ujarnya.

Sebenarnya, rekayasa lalu lintas Jalan Harun Thohir disiapkan pemkab sejak lima tahun silam. Bentuknya berupa pembatasan jalur angkutan barang di wilayah pelabuhan. (ris/c7/roz)

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? MASIH RUSAK: Jalan Harun Thohir belum tersentuh perbaikan.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS MASIH RUSAK: Jalan Harun Thohir belum tersentuh perbaikan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia