Jawa Pos

Belajar Menyikat Gigi Bersama

-

DI TK Dharma Wanita Persatuan (DWP) Tawangsari 2, kemandiria­n diajarkan melalui pembelajar­an aplikatif. Berupa praktik rutin. Misalnya, pada minggu kedua setiap bulan, ada praktik salat Duha berjamaah.

Pada Jumat minggu ketiga, sebanyak 62 anak di sana menggosok gigi yang benar. ”Kami sampaikan juga kapan saja harus gosok gigi,” kata Kepala TK DWP Tawangsari 2 Nurul Latifah. Dengan begitu, anak memahami caranya. Juga terbiasa mandiri. Akhirnya, mereka menyikat gigi tanpa disuruh.

Pada Jumat minggu keempat, anak mengikuti kegiatan bersih diri dan lingkungan bersama. Mereka diajak dan diajarkan membersihk­an kelas dan lingkungan sekolah. Mereka diajarkan peka pada kondisi sekitar. Caranya lewat contoh. Misalnya, mencontohk­an membuang sampah pada tempatnya. Tak hanya itu, anak juga diajak berdialog. ”Yang buang siapa hayo? Kalau ada sampah, diapakan?” ujar Nurul.

Dengan cara berkomunik­asi seperti itu, anak akan merasa bahwa sampah itu ternyata harus menjadi perhatian. Siswa lain yang mengetahui adanya sampah juga dilatih untuk ikut bertanggun­g jawab. ”Jadi, anak-anak saling mengingatk­an. Lingkungan di sini juga jadi bersih,” lanjut suami Syaiful Arifin itu.

Yang menarik, ada pembelajar­an aplikatif melalui video terkait kebersihan. Mereka diajak menonton video cara mencuci tangan yang benar. Lalu, anak diminta menerapkan­nya. (uzi/c6/ai)

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? TAK ADA YANG MENANGIS: Anak TK dari Gugus 7 dan 8 Kecamatan Sidoarjo sedang praktik manasik haji bersama di lapangan Desa Sidokare kemarin.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS TAK ADA YANG MENANGIS: Anak TK dari Gugus 7 dan 8 Kecamatan Sidoarjo sedang praktik manasik haji bersama di lapangan Desa Sidokare kemarin.
 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? TAHU CARA YANG BENAR: Tsania Habibah Wavastri (kanan) menggosok gigi bersama temannya di TK Dharma Wanita Persatuan Tawangsari 2 Sidoarjo.
BOY SLAMET/JAWA POS TAHU CARA YANG BENAR: Tsania Habibah Wavastri (kanan) menggosok gigi bersama temannya di TK Dharma Wanita Persatuan Tawangsari 2 Sidoarjo.
 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? MANDIRI: Raisa Tsalis melaksanak­an lari-lari kecil (sai) saat gebyar manasik haji kemarin.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS MANDIRI: Raisa Tsalis melaksanak­an lari-lari kecil (sai) saat gebyar manasik haji kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia