Jawa Pos

Jangan Lewatkan Dua Tahun Pertama

-

SURABAYA – Setiap orang tua mendambaka­n memiliki anak yang cerdas. Menurut tokoh pendidikan dan psikologi Amerika Serikat Howard Gardner, anak cerdas bisa memecahkan masalah serta punya kemampuan berkarya.

”Untuk bisa membentuk anak menjadi cerdas, nutrisi dan stimulasi harus diberikan sejak mereka masih dini,” ujar Dr dr Ahmad Suryawan SpA(K) dalam acara Konferensi Ayah Bunda Platinum yang diadakan Morinaga di Grand City Mall & Convex kemarin (10/9). Sebab, otak tumbuh begitu pesat hingga usia 2 tahun. Dalam jangka waktu tersebut, 80 persen otak sudah berkembang.

Pemberian nutrisi yang baik akan membuat sel-sel otak itu berkembang optimal. Sementara itu, stimulasi yang diberikan akan memperkaya koneksi jaringan pada otak yang akhirnya menjadikan anak lebih cerdas.

Stimulasi kepada anak harus diberikan dengan baik dan benar. Interaksi antara orang tua dan anak menjadi hal sederhana yang bisa dilakukan. Lakukan dalam suasana yang menyenangk­an dan secara rutin. ”Dua tahun pertama itu masa terpenting. Banyak hal yang ditentukan di sini. Termasuk perilaku,”imbuh dokter yang berpraktik di RSUD dr Soetomo tersebut. Dalam acara itu, hadir pula pesinetron Teuku Zacky yang menjadi moderator. (dwi/c16/jan)

 ??  ?? BERBAGI ILMU: Dr dr Ahmad Suryawan SpA(K) (kiri) dan Teuku Zacky di Grand City Mall & Convex kemarin.
BERBAGI ILMU: Dr dr Ahmad Suryawan SpA(K) (kiri) dan Teuku Zacky di Grand City Mall & Convex kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia