Jawa Pos

Pede Berbincang dengan Tamu Asing

-

SURABAYA – Jarum jam menunjuk angka 10. Waktunya siswa-siswi di SD Muhammadiy­ah 4 Pucang istirahat. Meski begitu, para murid di kelas III A tetap berdiam di kelas. Mereka kedatangan tamu asing.

’’

tutur tamu asing itu memulai percakapan dengan para murid kemarin (13/9).

Nama tamu tersebut adalah Pavla Machulikov­a. Dia merupakan mahasiswi Palacky University di Olomouc, Republik Ceko. Kedatangan­nya ke SD Muhammadiy­ah 4 kemarin merupakan salah satu kegiatan dari penelitian­nya di bidang pendidikan.

Selama tiga hari Pavla dan 14 orang lainnya memberikan kelas bahasa Inggris kepada para siswa di SD Muhammadiy­ah 4.

Para siswa menyambut kedatangan bule dari kawasan Eropa Tengah itu dengan antusias. Meski awalnya malu, mereka lamakelama­an berani mengajukan pertanyaan. ’’ Do you like Indonesia?’’ tanya Wisnu Cahya, salah satu siswa, kepada Pavla. Perempuan berusia 21 tahun itu pun menjawab dengan lugas. ’’Tentu saja. Saya suka orang-orang Indonesia, budaya, alam, dan makanan. Semuanya berbeda dan tidak ada di negara saya,’’ jawabnya dalam bahasa Inggris.

Secara terus-menerus, perempuan yang menyatakan baru kali pertama ke luar negeri itu dibanjiri pertanyaan. Meski demikian, dia menjawab semuanya dengan sabar. Senyum ramah tidak pernah lepas dari bibirnya.

Sementara itu, Kepala SD Muhammadiy­ah 4 Edy Susanto menuturkan bahwa program magang selama tiga hari oleh 15 mahasiswa dari Ceko tersebut tidak melulu mengajar di sekolahnya. Para mahasiswa asing disebar ke beberapa sekolah lain. Salah satunya, di SMP Muhammadiy­ah 15 hari ini (14/9). (ant/c15/nda)

 ??  ?? Hello, my name is Pavla. I’m from Czech Republic. I’m 21 years old. I will talk to you in English today. So, if you have some questions about me or Czech or English, ask me,’’
Hello, my name is Pavla. I’m from Czech Republic. I’m 21 years old. I will talk to you in English today. So, if you have some questions about me or Czech or English, ask me,’’

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia