Peduli Kanker Payudara

Jawa Pos - - Sambungan -

UNTUK gerakan kepedulian pada kanker payudara, Fanny Fabriana selalu punya waktu dan tenaga. Pekan lalu, misalnya, aktris dan presenter itu turut bergabung dalam program Indonesia Goes Pink di Bali. Gerakan tersebut bertujuan menyebarluaskan informasi mengenai penyakit yang banyak menyerang kaum perempuan itu. Yang menjadi concern- nya adalah kampanye sadari (periksa payudara sendiri).

’’Ini penting banget untuk disebarluaskan. Bukan hanya untuk perempuan usia lanjut, tapi sejak remaja dan usia produktif,’’ tutur pemeran dalam film Hari untuk

Amanda tersebut. Fanny rutin melakukan sadari setiap bulan sejak SMA. ’’Ini mudah dilakukan. Kalau ada benjolan, jangan diabaikan,’’ tuturnya.

Ibu dua putri itu menambahkan, jika terdeteksi sejak dini dan cepat mendapat penanganan medis, kemungkinan untuk sembuh semakin besar. ’’Harus sayang sama diri sendiri,’’ lanjutnya.

Dengan semakin banyaknya komunitas, yayasan, dan berbagai pihak yang menggaungkan informasi, dia pun berharap kesadaran masyarakat terhadap kesehatan meningkat. (nor/c15/ttg)

IMAM HUSEIN/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.