Praktik Langsung Mengenal Profesi

Jawa Pos - - Pendidikan -

SURABAYA – Pauline, Joceline, dan Luisa kompak berkeliling aula sekolah. Mereka membawa kereta dorong yang penuh dengan kue pai. Ada yang ditaburi biskuit, permen cokelat, serta sereal. Kepada pengunjung, ketiganya menjajakan aneka kue yang menggugah selera itu.

Kemarin (13/10) tiga bocah kelas TK B Buah Hati East tersebut berperan sebagai penjual kue. Pakaian berwarna merah-putih dengan aksen kotak-kotak mempertegas pekerjaan mereka. Apalagi ditambah topi khas koki kecil yang imut. ”Siapa yang mau pai? Ayo, beli pai,” seru Pauline sembari berkeliling menjajakan dagangannya.

Sasaran pembeli adalah para orang tua dan guru. Pada kegiatan tersebut, mereka dilibatkan untuk melihat aksi buah hati masing-masing.

Selain penjual kue, ada profesi dokter, engineer, maupun florist. Masing-masing diwakili enam anak. Tak hanya berpakaian menyesuaikan jenis pekerjaan yang dilakoni, siswa dilatih memberikan salam dan sapa yang ramah kepada pengunjung. Setelah selesai melayani, mereka kembali mengucapkan salam perpisahan yang hangat.

Misalnya, profesi dokter. Saat pengunjung datang, mereka mengucapkan salam dan menanyakan keluhan. Kemudian, pasien diperiksa sesuai dengan keluhan. Contohnya, pasien yang mengaku sakit tenggorok akan diperiksa mulutnya dengan senter. Bagi yang mengeluh demam, suhu tubuhnya diukur pakai termometer. ” Get well soon, God bless you,” ucap para dokter cilik kepada pasiennya setelah diperiksa.

Sebelum meninggalkan booth, para pengunjung wajib memberi- kan uang jasa. Hal itu sekaligus mengajarkan anak tentang proses transaksi. Meski demikian, uang asli diubah dalam bentuk voucher.

Salah seorang wali murid, Levina Nathania Susilo, menuturkan, anak-anak membutuhkan pemahaman mengenai beraneka profesi sejak dini. ”Orang tua tinggal mengarahkan, tidak bisa memaksakan,” tuturnya.

Kepala TK Buah Hati East Dhiana Megawati menerangkan, kegiatan tersebut termasuk materi pelajaran bulan ini. Yaitu, pengenalan profesi dan jenis-jenis pekerjaan kepada anak.

Dalam pembelajaran kemarin, memang sengaja dipilih empat profesi pilihan. Ada dua perwakilan science, yakni engineer dan dokter. Juga dua sosial yang diwakili penjual bunga dan kue. Hal itu disesuaikan dengan jurusan di SMA yang terdiri atas IPA dan IPS. (ant/c25/nda)

ZAIM ARMIES/JAWA POS

DUNIA KERJA: Murid TK Buah Hati East Juan Carlo memeriksa mamanya, Carol, pada kegiatan belajar profesi sebagai dokter. Foto kanan, siswa-siswi kelompok lain berperan sebagai penjual kue.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.