Liga 3 Nasional Digeber Awal Desember

Jawa Pos - - Liga Indonesia -

JAKARTA – Publik sepak bola tanah air tidak akan kehilangan tontonan hingga Desember mendatang. Sebab, setelah Liga 1 yang tuntas pada 12 November lalu dan Liga 2 memasuki babak 8 besar, Liga 3 atau kompetisi amatir juga sudah memasuki babak putaran nasional yang digelar di Jawa Tengah pada 3–17 Desember mendatang.

Dari hasil drawing yang dilakukan di kantor PSSI di Jakarta tadi malam, total ada 24 tim yang lolos langsung ke putaran nasional dan 24 tim yang lain harus mengikuti babak

playoff sebelum mendapat jatah ke putaran final itu. Babak playoff digelar pada 28–30 November mendatang di Stadion Citarum, Semarang; Stadion Kebon Dalem, Kendal; Stadion Wergu Wetan, Kudus; dan Bumi Kartini, Jepara.

Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan bahwa Liga 3 adalah cerminan level dasar sepak bola Indonesia. Sebab, dari kompetisi itu akan terlihat bagaimana kualitas sepak bola tanah air. ’’Bagi kami, Liga 3 ini adalah miniatur Piala Dunia Indonesia. Sebab, formatnya hampir sama,’’ kata Tisha.

Dia menjelaskan, total 24 tim yang ikut babak playoff akan memperebutkan delapan jatah tiket ke babak final untuk melengkapi 32 besar tim yang bakal berlaga di putaran nasional tersebut. ’’Kuota untuk setiap provinsi tidak mesti satu provinsi diwakili satu tim. Sebab, ada provinsi yang juga diwakili oleh lebih dari dua tim,’’ ucapnya.

Halid Latuamury, pelatih PS Pelauw Putra yang tidak lain adalah juara dari zona Maluku, mengungkapkan bahwa pihaknya sudah siap untuk bertarung dengan klub lain untuk memperebutkan satu tiket putaran nasional dari babak playoff. (ben/c4/bas)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.