Jawa Pos

Mobil Paling Berambut di Dunia

-

NORMALNYA, sehelai rambut di jok mobil saja sudah bikin senewen, bahkan berantem. Nah, apa jadinya kalau seluruh mobil berlapis rambut? Itulah yang terjadi pada mobil Fiat 500 milik Maria Lucia Mugno, penata rambut asal Salerno, Italia.

Seluruh badan mobil mungil itu, termasuk interiorny­a, dilapisi rambut manusia

’’Aku sebenarnya melakukan ini gara-gara taruhan dengan teman,’’ kata Mugno kepada Barcroft TV. ’’Dia berpikir aku tidak bisa membuat mobil yang seluruhnya berlapis rambut. Aku pun tertantang,’’ lanjut perempuan 43 tahun itu. Dia pun mengumpulk­an potongan rambut (kebanyakan didapat dari India) seberat 132 kilogram. Sekitar 150 jam dia habiskan untuk membuat karya tersebut.

’’Aku pakai segala macam jenis rambut dari berbagai warna. Ada yang terang. Ada juga yang gelap. Tidak apa, malah jadi aksen yang bagus,’’ jelas Mugno. Rambutramb­ut itu dikepang, lalu ditem- pelkan ke permukaan mobil, dasbor, setir, dan jok. Dia menambahka­n jalinan rambut berbentuk topi dan sayap sebagai aksen. Yang tidak ditutup rambut cuma mesinnya agar masih bisa dikendarai. Karya itu pun masuk Guiness World Records sebagai mobil berlapis rambut pertama di dunia.

Mugno membawanya ke tem- pat kerja setidaknya sekali sepekan. Kalau kusut, rambut bakal dicuci dengan sampo, diblow, dan disikat. Kalau terlalu panjang, rambut dipotong. Lucu sih, tapi juga banyak temannya yang jijik. ’’ Mereka membayangk­an rambut itu masih menempel di pemiliknya,’’ ucapnya. Apalagi kalau bukan di kepala. (adn/c20/na)

 ??  ?? DAILYMOTIO­N.COM
DAILYMOTIO­N.COM

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia