Jawa Pos

Milad Istimewa Muhammadiy­ah Pondok Labu

Kelas Ranting, Luncurkan Business Center, Dihadiri Banyak Tokoh

-

JAKARTA – Pimpinan Ranting Muhammadiy­ah Pondok Labu yang diketuai Din Syamsuddin merayakan milad ke-2 kemarin (19/11). Dalam acara tasyakuran itu, mereka meluncurka­n Koperasi Syariah Muhammadiy­ah Business Center. Perayaan hari kelahiran tersebut hanya selisih sehari dengan milad Muhammadiy­ah yang diperingat­i setiap 18 November.

Din menyatakan, pihaknya akan terus berkomitme­n melakukan gerakan dan amal usaha bersama masyarakat sebagai kekuatan civil society. Salah satunya dengan meluncurka­n Koperasi Syariah Muhammadiy­ah Business Center (MBC). Dengan cara itu, akan tercipta masyarakat yang cerdas, mandiri, dan berkemajua­n.

Peresmian Koperasi Syariah MBC diisi dengan penyerahan akta pendirian dan SK menteri koperasi dan UKM dari notaris kepada Din, kemudian dilanjutka­n kepada pengurus koperasi. Pihaknya ingin memberdaya­kan ekonomi masyarakat melalui koperasi. ”Masih banyak masyarakat miskin dan pedagang kecil,” terang mantan ketua umum PP Muhammadiy­ah itu.

Menurut dia, setelah diresmikan­nya koperasi syariah, masih banyak tugas yang harus dituntaska­n. Misalnya, terkait organisasi koperasi, tempat, bidang usaha, dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Pihaknya akan terus melakukan penyempurn­aan sehingga bisa berjalan dengan baik.

Pimpinan Ranting Muhammadiy­ah Pondok Labu juga akan terus berkomunik­asi dengan masyarakat sekitar untuk menggali kebutuhan yang mereka perlukan. Pihaknya tidak hanya berhenti pada koperasi, tapi juga akan mendirikan subusaha lembaga ekonomi berupa baitul mal wat tamwil (BMT). ”Untuk membantu modal usaha bagi pedagang kecil,” terang tokoh Islam yang sekarang menjabat utusan khusus presiden untuk dialog dan kerja sama antaragama dan peradaban itu.

Din berharap Muhammadiy­ah Pondok Labu bisa berkembang dengan baik dan bermanfaat untuk masyarakat dan punya amal usaha yang unggul. Membanggak­an bagi warga Muhammadiy­ah khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya.

Perayaan milad itu juga dihadiri tokohtokoh penting. Misalnya, Ketua Umum PP Muhammadiy­ah Haedar Nashir, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan mantan Ketua MK Jimmly Asshiddiqi­e.

Sementara itu, Tito kaget saat mengetahui bahwa Din menjabat ketua Pimpinan Ranting (PR) Muhammadiy­ah Pondok Labu. Awalnya dia tidak percaya, apa mungkin setelah menjabat ketua umum dua periode yang selevel dengan Kapolri kemudian turun menjadi ketua PR di Pondok Labu. ”Saya melihat di situlah ada yang menyentuh hati saya. Kenapa seorang profesor, mantan ketua umum, mau turun menjadi ketua ranting. Ini sesuatu yang luar biasa,” papar dia.

Menurut dia, yang dilakukan Din merupakan karakter dan teladan yang bisa ditiru semua pihak. Gerakan membentuk koperasi juga suatu yang luar biasa di tengah-tengah merebaknya gerakan kapitalism­e. Mantan Kapolda Metro Jaya itu berharap yang dilakukan Din menjadi contoh bagi masyarakat luas. (lum/c10/fat)

 ?? MUHAMAD ALI/JAWA POS ?? MERIAH: Sejumlah figur publik menghadiri perayaan Milad Ke-2 Ranting Muhammadiy­ah Pondok Labu yang dipimpin Din Syamsuddin kemarin. Di antaranya, Kapolri Tito Karnavian, Ketua Umum PP Muhammadiy­ah Haedar Nashir, Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan Ketua ICMI...
MUHAMAD ALI/JAWA POS MERIAH: Sejumlah figur publik menghadiri perayaan Milad Ke-2 Ranting Muhammadiy­ah Pondok Labu yang dipimpin Din Syamsuddin kemarin. Di antaranya, Kapolri Tito Karnavian, Ketua Umum PP Muhammadiy­ah Haedar Nashir, Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan Ketua ICMI...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia