Jawa Pos

Di Rumah Mertua, Kahiyang Injak ”Dingin Dingin”

Jalani Adat Mandailing Mangupa Haroan Boru

-

MEDAN – Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, menjalani upacara Mangupa Haroan Boru (penyambuta­n pengantin perempuan) kemarin (19/11) pukul 18.15 WIB. Tradisi itu dilakukan Kahiyang setiba di rumah orang tua sang suami, Bobby Afif Nasution, di Bukit Hijau Regency (BHR) Kawasan Taman Setia Budi Indah, Medan.

Setelah melangsung­kan akad nikah pada 8 November 2017 di Solo, pasangan Kahiyang Ayu-Bobby Afif Nasution untuk kali pertama datang ke Medan. Sesuai adat istiadat Mandailing, setiap pengantin perempuan yang hendak masuk ke rumah mertuanya harus mengikuti upacara Haroan Boru.

Sebelum masuk ke rumah, Kahiyang menginjak berbagai jenis tumbuhan yang diletakkan di pintu rumah seperti batang pisang. Batang pisang dan tumbuhan lainnya merupakan perlambang keinginan agar kehadiran Kahiyang di rumah mertuanya membawa kesejukan dan kedamaian. Karena itu, batang pisang dan tumbuhan lain yang diinjak Kahiyang tersebut diistilahk­an ”dingin dingin”.

Salah seorang pengetua adat Mandailing yang bergelar Mangaraja Ihutan Soripada, Afifudin Lubis, menjelaska­n bahwa keluarga yang menerima Kahiyang terdiri atas tiga komponen.

” Tapi, ada satu raja yang dituakan yang akan memimpin sidang Haroan Boru, yang disebut Raja Panusunan. Yakni, Pandapotan Nasution yang bergelar Patuan Kumala Pandapotan dari Pidoli Lombang, Mandailing,” ucapnya. (ain/gus/prn/ril/c21/ami)

 ?? SUTAN SIREGAR/SUMUT POS/JPG ?? TIBA DI MEDAN: Kahiyang Ayu bersama suaminya, Muhammad Bobby Afif Nasution, diiringi keluarga disambut dengan kesenian khas Mandailing. Setelah itu, rombongan pengantin mengikuti prosesi Mangupa Haroan Boru.
SUTAN SIREGAR/SUMUT POS/JPG TIBA DI MEDAN: Kahiyang Ayu bersama suaminya, Muhammad Bobby Afif Nasution, diiringi keluarga disambut dengan kesenian khas Mandailing. Setelah itu, rombongan pengantin mengikuti prosesi Mangupa Haroan Boru.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia