Inovasi Rasa Es Krim

Jawa Pos - - Lifestyle -

SURABAYA – Vanila, cokelat, dan stroberi. Tiga rasa tersebut sudah umum untuk dijadikan varian es krim. Senior Pastry Chef Endra Yudah Setiawan berinovasi melahirkan rasa baru untuk es krim. Green tea-wasabi, charcoal, cendol, dan jahe.

Chef dari Pavilion Restaurant JW Marriott itu i mengombinasikan bahan-bahan lokal dengan gaya Barat. Hasilnya, es krim dan gelato dengan cita rasa berbeda. Inovasi pertama yang diciptakan Endra adalah es krim hitam rasa charcoal.

Charcoal atau arang aktif populer di dunia kecantikan k karena sifat antioksidannya. Khasiat tersebut dihadirkan pada es krim. Charcoal diolah bersama bahan-bahan pelengkap lain. Bahan dan cara pembuatan es krim tersebut juga tak jauh berbeda dengan es krim biasa. Hanya, varian rasa turut ditambahkan. Misalnya, jahe untuk es krim rasa vanila-jahe, kacang untuk rasa peanut butter.

Tengok saja es krim berwarna hijau yang mengandung wasabi dan green tea. ”Sebelumnya saya hanya pakai wasabi. Tapi, kok customer tidak terlalu suka. Jadi, saya tambahkan green tea supaya rasanya balance,” lanjutnya.

Menurut dia, es krim memiliki rasa yang lebih kaya daripada gelato. Hal yang membuat es krim berbeda dengan gelato adalah bahan bakunya. Gelato memiliki rasa yang lebih ringan dan tidak terlalu manis. (esa/c7/jan)

HMM, NIKMAT: Es krim menjadi hidangan penutup favorit banyak orang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.