Akses Pacitan–Ponorogo Tersumbat Longsoran

Jawa Pos - - JAWA TIMUR -

PACITAN – Untuk kali kesekian, ruas jalan provinsi di Gemaharjo, Tegalombo, Pacitan, longsor. Lokasi jalan yang berada di sebelah utara tebing menjulang membuat jalan penghubung Pacitan dengan Ponorogo itu rawan.

Suhartini, warga RT 5, RW 7, Dusun Dondong, melihat adanya serpihan material retakan tanah dari atas tebing sejak Selasa (13/2). Kemarin (14/2) pukul 04.30, dia mendengar suara gemuruh guguran tebing di luar rumah.

’’Itu terjadi seusai subuh,’’ terangnya. Tertutupnya jalan provinsi tersebut otomatis menyumbat arus lalu lintas dari dua arah. Suhartini bersyukur rumahnya yang berada di seberang jalan tidak terdampak. Namun, longsoran merobohkan pohon dan tiang listrik.

’’Longsor kali ini lebih besar dari sebelumnya,’’ imbuh Suhartini.

Kasatlantas Polres Pacitan AKP Hendrix K. Wardhana menjelaskan, akses Ponorogo–Pacitan terpaksa dialihkan ke jalur alternatif di timur jalan utama. Polisi juga merekayasa lalu lintas dengan sistem buka tutup lantaran jalur alternatif hanya bisa dilalui untuk satu arah.

’’Sementara kendaraan bertonase berat belum bisa lewat,’’ ujarnya.

Material longsoran juga merusak talud di bibir tebing. Baru selesai dibangun beberapa hari lalu, talud sepanjang 50 meter itu hancur separo. ’’Kondisi jalan kini licin karena berlumpur. Kami minta pengendara hati-hati,’’ imbuhnya.

SUGENG DWI NURCAHYO/JAWA POS RADAR PACITAN

BAHU-MEMBAHU: Anggota TNI-Polri bersama warga setempat membersihkan reruntuhan longsoran dan menepikan bebatuan berdiameter 30–50 sentimeter.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.