KPK Tolak Sebagian Rekomendasi Pansus

Jawa Pos - - BERITA UTAMA -

JAKARTA – Sidang paripurna DPR akhirnya menyetujui rekomendasi yang disampaikan Panitia Khusus (Pansus) Angket KPK kemarin. Namun, KPK menyatakan tidak sependapat dengan sebagian rekomendasi tersebut.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan, sejak awal sikap KPK sudah jelas. ”KPK sejak awal berbeda pendapat terkait dengan pansus angket tersebut,” ujarnya. Sikap itu tidak berubah setelah mereka menerima surat berikut lampiran dari DPR pekan lalu. Malah, mantan aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) tersebut menyampaikan, KPK menilai beberapa temuan dan rekomendasi pansus itu tidak tepat.

Febri mengungkapkan, beberapa data perlu dicek dan diklarifikasi. ”Jadi, kami katakan bahwa sejumlah temuan dan rekomendasi tersebut tidak disetujui KPK,” imbuhnya. Untuk itu, surat respons dari pimpinan KPK disertai lampiran sebanyak 13 halaman. ”Meliputi aspek kewenangan, kelembagaan, sumber daya manusia, dan aspek keuangan di KPK,” ucap dia.

Lebih lanjut, Febri menyampaikan, KPK menyertakan sejumlah data dalam lampiran tersebut. ”Misalnya, ada informasi atau tuduhan yang mengatakan KPK tidak menjalankan fungsi koordinasi dan supervisi,” jelasnya. Padahal, sambung dia, sudah ada ribuan kasus yang surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP)-nya diproses KPK, Polri, dan kejaksaan.

SETPRES

BERLANJUT: Presiden Jokowi mengunjungi program padat karya tunai di Desa Waimital, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.