Jawa Pos

Hari Terakhir, Pemohon E-KTP Lebih Ramai

-

SURABAYA – Masa cuti Lebaran dimulai Senin (11/6). Namun, hingga kemarin (12/6) dinas kependuduk­an dan catatan sipil (dispendukc­apil) di Siola masih melayani warga. Bahkan, pelayanan hari terakhir sebelum Lebaran itu dipadati warga.

Warga rata-rata datang untuk mengambil e-KTP. Di antaranya, Salma Dewi Putri. Remaja 18 tahun itu memang diminta untuk datang mengambil e-KTP pada Selasa pagi. Biasanya, pengambila­n e-KTP bisa dilakukan di kecamatan. Namun, tidak semua kantor kecamatan masih buka. Dia pun harus langsung datang ke Siola.

Salma mengaku melakukan perekaman pada enam bulan lalu. Namun, ternyata ada masalah pada dokumen biometriny­a. Karena itu, dia harus melakukan perekaman ulang. ”Rekam ulangnya baru dua minggu lalu. Sekarang sudah jadi,” papar warga Rungkut itu selagi menunggu antrean kemarin.

Meski sudah memasuki masa liburan, dia merasa antrean kemarin tetap banyak. ”Malah kayaknya lebih ramai. Karena mungkin ini hari terakhir pelayanan ya,” ujarnya. Orang-orang sengaja datang untuk mengambil e-KTP pada hari terakhir sebelum pelayanan tutup hingga 20 Juni mendatang.

Hal yang sama dialami Abdul Bari, 63. Pria yang tinggal di Balongsari itu juga datang untuk mengambil e-KTP yang sudah jadi. Bedanya, dia tidak mengambil hasil perekaman. ”Ini e-KTP kebetulan hilang. Waktu saya laporkan, dibilang enggak usah perekaman lagi karena datanya sudah ada,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dispendukc­apil Suharto Wardoyo menjelaska­n bahwa pihaknya memang memperpanj­ang hari pelayanan, khususnya untuk layanan e-KTP. ”Belum pukul 08.00 penduduk sudah antre cetak,” jelasnya.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? TAK PERNAH SEPI: Pelayanan hari terakhir di Siola dipadati warga.
DITE SURENDRA/JAWA POS TAK PERNAH SEPI: Pelayanan hari terakhir di Siola dipadati warga.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia