Jawa Pos

Rossi Tidak Suka Fairing ’’Lele’’

-

BRNO – Yamaha menguji coba aero fairing baru pada YZR-M1 pada uji coba tengah musim di Sirkuit Brno, Republik Ceko, kemarin (7/8). Bentuknya sungguh aneh. Jika dilihat sekilas, penampakan­nya mirip moncong ikan lele lengkap dengan kumisnya. Modifikasi baru juga menyentuh bagian sepatbor depan.

Fairing baru tersebut langsung terlihat mencolok. Ada sayap dengan ukuran cukup besar membentang dari bagian bawah kepala fairing. Bentuknya sedikit menekuk untuk memperbaik­i aliran angin menuju ke belakang.

Sepatbor depan juga menarik perhatian. Bentuknya tidak penuh seperti normalnya. Seperti dipangkas setengah agar menyisakan bagian depannya saja. Sepatbor itu berfungsi mendingink­an temperatur ban di tengah balapan. Diharapkan, permukaan ban tidak mudah terkikis.

Saat ini tim-tim MotoGP fokus mencari cara untuk menjaga umur ban seawet-awetnya. Mereka akan melakukan detail apa pun agar ban bisa tetap berada dalam performa terbaiknya sampai lap terakhir. Yamaha juga sudah menggunaka­n sepatbor belakang baru di beberapa seri balapan terakhir. Tujuannya sama. Untuk menjaga temperatur ban belakang.

Paket aerodinami­ka tersebut hanya dijajal Rossi. Rekan satu timnya, Maverick Vinales, tidak ikut turun dalam uji coba karena kondisinya belum pulih benar setelah mengalami insiden kecelakan di lap pertama balapan MotoGP Republik Ceko, Minggu (5/8). Tapi, Rossi langsung menolaknya.

’’Ya, saya mencoba semua paket aerodinami­ka itu. Kami juga ingin mengurangi wheelie (roda depan terangkat saat gas dibuka) saat balapan. Tapi, saya tak merasakan perbedaan berarti. Sama saja,’’ papar Rossi sebagaiman­a dilansir Crash. Karena Rossi tak menyukainy­a, bisa dipastikan fairing baru tersebut tidak akan dipakai di GP Austria akhir pekan ini.

Dalam aturannya, tim hanya diperboleh­kan sekali saja melakukan pembaruan pada paket aerodinami­ka mereka dalam semusim. Tahapannya, ketika seorang rider menyetujui menggunaka­n fairing itu, tim wajib mengajukan­nya kepada Direktur Teknik MotoGP Danny Aldridge untuk diuji legalitasn­ya. Sekali disetujui, mereka tidak boleh menggantin­ya lagi.

 ??  ?? ANEH: Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi menjajal fairing baru pada uji coba tengah musim MotoGP di Sirkuit Brno, Republik Ceko, kemarin.
ANEH: Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi menjajal fairing baru pada uji coba tengah musim MotoGP di Sirkuit Brno, Republik Ceko, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia