Rossi Tidak Suka Fairing ’’Lele’’

Jawa Pos - - SAMBUNGAN -

BRNO – Yamaha menguji coba aero fairing baru pada YZR-M1 pada uji coba tengah musim di Sirkuit Brno, Republik Ceko, kemarin (7/8). Bentuknya sungguh aneh. Jika dilihat sekilas, penampakannya mirip moncong ikan lele lengkap dengan kumisnya. Modifikasi baru juga menyentuh bagian sepatbor depan.

Fairing baru tersebut langsung terlihat mencolok. Ada sayap dengan ukuran cukup besar membentang dari bagian bawah kepala fairing. Bentuknya sedikit menekuk untuk memperbaiki aliran angin menuju ke belakang.

Sepatbor depan juga menarik perhatian. Bentuknya tidak penuh seperti normalnya. Seperti dipangkas setengah agar menyisakan bagian depannya saja. Sepatbor itu berfungsi mendinginkan temperatur ban di tengah balapan. Diharapkan, permukaan ban tidak mudah terkikis.

Saat ini tim-tim MotoGP fokus mencari cara untuk menjaga umur ban seawet-awetnya. Mereka akan melakukan detail apa pun agar ban bisa tetap berada dalam performa terbaiknya sampai lap terakhir. Yamaha juga sudah menggunakan sepatbor belakang baru di beberapa seri balapan terakhir. Tujuannya sama. Untuk menjaga temperatur ban belakang.

Paket aerodinamika tersebut hanya dijajal Rossi. Rekan satu timnya, Maverick Vinales, tidak ikut turun dalam uji coba karena kondisinya belum pulih benar setelah mengalami insiden kecelakan di lap pertama balapan MotoGP Republik Ceko, Minggu (5/8). Tapi, Rossi langsung menolaknya.

’’Ya, saya mencoba semua paket aerodinamika itu. Kami juga ingin mengurangi wheelie (roda depan terangkat saat gas dibuka) saat balapan. Tapi, saya tak merasakan perbedaan berarti. Sama saja,’’ papar Rossi sebagaimana dilansir Crash. Karena Rossi tak menyukainya, bisa dipastikan fairing baru tersebut tidak akan dipakai di GP Austria akhir pekan ini.

Dalam aturannya, tim hanya diperbolehkan sekali saja melakukan pembaruan pada paket aerodinamika mereka dalam semusim. Tahapannya, ketika seorang rider menyetujui menggunakan fairing itu, tim wajib mengajukannya kepada Direktur Teknik MotoGP Danny Aldridge untuk diuji legalitasnya. Sekali disetujui, mereka tidak boleh menggantinya lagi.

ANEH: Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi menjajal fairing baru pada uji coba tengah musim MotoGP di Sirkuit Brno, Republik Ceko, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.