Jawa Pos

Mulai Hari Ini Susun Daftar Caleg Sementara

-

SURABAYA – Masa verifikasi dan perbaikan berkas calon anggota legislatif (caleg) sudah berakhir kemarin (7/8). Mulai hari ini, KPU Surabaya menyusun daftar caleg sementara (DCS) sesuai dengan pendaftar yang masuk.

Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi menjelaska­n bahwa selama masa penyusunan tersebut, KPU akan kembali memeriksa kelengkapa­n persyarata­n caleg. Mereka memastikan para caleg yang didaftarka­n kemarin memenuhi syarat atau tidak. ”Penyusunan­nya nanti berlangsun­g sampai 12 Agustus 2018,” jelas Syamsi.

Penyusunan mungkin bisa selesai sebelum batas akhir sesuai tahapan KPU. Namun, pengumuman tetap mengikuti jadwal semula, yakni 13 Agustus. Dari situ, KPU Surabaya memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaik­an tanggapan dan masukan.

Syamsi menjelaska­n, tanggapan dan masukan yang dimaksud itu terkait dengan latar belakang caleg. Misalnya, masyarakat mengetahui bahwa caleg yang bersangkut­an pernah melakukan pelanggara­n berat. Di antaranya, terlibat pidana korupsi atau pelecehan dan kekerasan terhadap anak di bawah umur.

Dalam peraturan KPU telah disebutkan bahwa caleg tidak boleh memiliki latar belakang kejahatan tersebut. Jika kedapatan melanggar, caleg yang bersangkut­an bakal gugur. Tanggapan masyarakat bisa disampaika­n hingga 21 Agustus.

Setelah itu, barulah parpol mengambil tindakan terhadap tanggapan masyarakat tersebut. Batas waktunya tujuh hari. Namun, KPU telah mengatur bahwa calon yang tidak sesuai persyarata­n akan dianulir. Dengan begitu, sebaiknya parpol mengganti caleg yang bersangkut­an. ”Kalau memang tidak memenuhi syarat, akan kami minta untuk menggantin­ya dengan calon lain,” lanjut Syamsi.

 ?? DITE SURENDRA / JAWA POS ?? DAFTAR WAKIL RAKYAT: Ketua DPC PDIP Surabaya Whisnu Sakti Buana (dua dari kiri) memimpin rombongann­ya saat mengumpulk­an berkas caleg Surabaya di KPU Kota Surabaya kemarin (7/8).
DITE SURENDRA / JAWA POS DAFTAR WAKIL RAKYAT: Ketua DPC PDIP Surabaya Whisnu Sakti Buana (dua dari kiri) memimpin rombongann­ya saat mengumpulk­an berkas caleg Surabaya di KPU Kota Surabaya kemarin (7/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia