tips ‘n tricks: agar semangat di pagi hari

Pagi adalah saatnya kita memulai semua aktivitas. Karena itu, wajib banget untuk mengawali hari dengan hal-hal yang bisa membangkitkan semangat.

Kawanku - - ADS - iif

#1 Lihat Warna Favorit

Langsung melihat warna kesukaan begitu kita bangun tidur bisa membuat kita jadi lebih bersemangat. Benda kecil seperti buku, kertas, mug atau bunga dengan warna yang kita suka sudah cukup, kok. Menurut Leatrice Eiseman, penulis buku More Alive With Color, mengelilingi diri dengan warna favorit, apalagi yang cerah, bisa memberikan tambahan suntikan energi untuk memulai hari. Beberapa warna yang dipercaya bisa memberikan energi tambahan di antaranya merah, oranye dan kuning.

#2 Lihat Sinar Matahari

Sinar matahari bisa membuat kita bersemangat di pagi hari, menurut Joyce Walsleben, PhD, profesor di New York University Sleep Disorders Center. “Biasakan untuk berada di luar ruangan selama 15 sampai 20 menit setelah bangun pagi. Hal itu akan memberikan tambahan energi untuk dirimu dan energi itu akan bertahan sepanjang hari,” jelas beliau.

#3 Mandi Air Dingin

Tenang, girls. Bukan berarti kita harus mandi air dingin setiap hari, he-he. Sebagai sentuhan akhir saat mandi, siram tubuh dari ujung kepala menggunakan air dingin. “Tubuh manusia memberikan respon lebih cepat terhadap air dingin,” ungkap Jim Karas, penulis buku The 7-Day Energy Surge.

#4 Tertawa

Profesor psikiatri dari University of Louisville, Clifford Kuhn, M.D, menyatakan tertawa bisa mengisi ulang energi seperti saat berolahraga ringan. “Tertawa akan mengurangi stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh,” jelasnya. Sarapan sambil dengerin cerita lucu dari orangtua atau adik bisa bikin tertawa, nih.

#5 Aroma Melati

Yuk, cobain sarapan dengan teh melati. Soalnya, aroma melati bisa membuat kita semakin awas dan terbangun seratus persen. Atau, kita juga bisa menyimpan aromaterapi dengan aroma melati di dalam tas dan mencium wanginya setiap kali mau berangkat sekolah.

#6 Nyanyi Sambil Mandi

Ada kabar bagus, nih, buat yang suka menyanyi saat mandi. Dalam salah satu teori di music therapy, menyanyi bisa meningkatkan mood kita serta bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jadi, enggak usah malu lagi dengan predikat ‘penyanyi kamar mandi’ karena hal ini bisa membuat kita terus bersemangat sepanjang hari, lho.

#7 Pijat Kepala

Menurut Marlene Merrit, dokter dan ahli nutrisi di Merritt Wellness Center, Austin, Texas, memijat kepala membuat kita bersemangat. “Dengan memijat ringan kepala, aliran darah jadi lebih lancar. Kita pun enggak akan merasa cepat capek,” tutur beliau. Sebelum ke sekolah, sediakan waktu lima menit untuk memijat kepala secara ringan.

#8 Hela Napas

Begitu bangun tidur, jangan langsung bangkit dari tempat tidur. Melainkan, berbaringlah lebih lama, sekitar dua menit, dan tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan perlahan. Ada banyak racun yang bisa dikeluarkan dari tubuh hanya dengan bernapas yang benar ini.

#9 Olahraga Ringan

Peneliti di Leeds Metropolitan University, Inggris, menyebutkan bahwa orang yang berolahraga di pagi hari hingga menjelang makan siang akan lebih produktif di hari itu. Sehingga, olahraga ringan selama 30 menit di pagi hari bisa kita lakukan agar terus semangat.

#10 Duduk Tegak

Karena masih mengantuk, seringkali kita tidur-tiduran di meja makan. Padahal, hal ini hanya membuat kita merasa makin lemas. Menurut Janice Novak, penulis buku Posture, Get It Straight, duduk tegak di meja makan bisa membuat otot merasa rileks, sehingga kita enggak akan merasa cepat capek. dan jadi lebih bersemangat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.