tips ‘n tricks: 15 cara unik usir stres

Menghilangkan stres enggak melulu mesti dengan cara yang ribet dan lama, lho. Bisa juga dengan melakukan hal-hal ringan yang enggak biasa ini!

Kawanku - - ADS - aisha, muti

Bicara bahasa ngaco

Mengobrol menggunakan bahasa yang ngaco atau ngarang seperti ‘balablabla abujajibukajagi’ dengan lawan bicara kita mungkin akan bikin kita terlihat seperti orang gila. Tapi saat melakukan ini, lama kelamaan kita akan terangsang untuk tertawa dan saat itulah stres kita akan mulai berkurang.

Mewarnai buku warna

Sekarang sedang ada trend ‘adult book colouring’, yaitu buku mewarnai khusus untuk orang dewasa. Aktivitas yang biasanya dilakukan oleh anak TK ini ternyata cocok untuk semua orang. lho. Proses mewarnai bentuk-bentuk geometris dan pola-pola yang ada memberikan efek pada otak dan tubuh kita sama seperti sedang bermeditasi. Sekarang di banyak toko buku sudah tersedia berbagai buku mewarnai untuk dewasa, salah satu yang paling populer adalah Secret Garden, Zen dan Dream Doodles.

Meniup balon

Meniup balon secara enggak langsung memaksa kita bernapas lebih lambat dan dalam sehingga kita jadi merasa lebih tenang.

Selain itu, teknik bernapas seperti ini bisa mengaktifkan sistem saraf parasimpatetik yang berfungsi untuk menurunkan intensitas detak jantung dan membuat otot kita lebih rileks.

Memotong rumput

Saat stres, coba, deh, memotong rumput di halaman rumah. Soalnya, ternyata, aroma rumput yang baru dipotong itu bersifat menenangkan karena bisa memperlambat pelepasan hormon stres dari otak kita.

Pakai karet gelang

Karet gelang yang mudah kita temukan di pasar atau karet gelang yang cantik bisa berubah fungsi sebagai alat penghilang stres. Pakai karet gelang di lengan kita dan tarik-tarik sampai melecut di kulit kita. Hempasan karet yang menyentuh kulit punya efek kejutan yang mirip seperti cubitan di tangan. Dan efek ini membuat rasa stres perlahan sedikit berkurang.

Yoga tertawa

Orang dewasa umumnya cuma tertawa sebanyak 12-14 kali sehari. Padahal saat tertawa, tubuh melepaskan hormon endorfin yang bisa membuat tubuh merasa tenang dan bahagia. Nah, biar bisa makin banyak tertawa, cobalah yoga tertawa ini, soalnya yoga ini ‘memaksa’ kita untuk tertawa melalui kontak mata dan latihan pernapasan. Meski awalnya mungkin kita cuma berpura-pura tertawa, hal ini bisa memberi efek pada tubuh yang memicu pelepasan endorfin dan melawan stres yang kita rasakan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.