Perlu ide-ide segar

Kawanku - - PERLU TAHU -

Startup enggak cuma tentang situs jual-beli online, kita juga bakal menemukan tema-tema lain yang diangkat dalam bisnis ini. Misalnya, usaha Berrykitchen bentukan Chyntia Tenggara yang masuk dalam kategori foodcommerce, ataupun Nulisbuku.com buatan Ollie yang mengangkat jasa self-publishing. Kita bisa menarik ide apapun untuk memulai startup, selama ide itu segar dan memang kita sukai. Inovasi ini jugalah yang membedakan start up dengan bisnis online pada umumnya.

Sebelum jauh-jauh memikirkan tentang ide start up yang pengin kita jalani, kita bisa mencari ide dari hal terdekat terlebih dulu. Misalnya, kita suka travelling dan punya banyak pengalaman jalan-jalan ke berbagai tempat. Dari semua pengalaman itu, mungkin ada satu atau dua hal yang menyulitkan, tapi bisa kita permudah kalau ada solusinya. Pengalaman ini juga dialami Ollie ketika dia kepengin nerbitin buku, tapi biayanya lumayan mahal dan ribet. Pada akhirnya, terlahirlah situs nulisbuku.com dari ide yang diambil dari pengalaman itu.

Dari pengalamannya membangun nulisbuku.com dan startup lainnya, Ollie bercerita dirinya enggak membutuhkan waktu lama untuk menyiapkan startup. Rata-rata, Ollie hanya butuh waktu sekitar satu sampai tiga bulan dari ide mentah sampai startup miliknya terealisasikan. Meski terbilang singkat pada proses awal, kita mesti fokus menyalurkan tenaga dan energi buat membangunnya supaya bisa terus berlanjut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.