Suka Cowok Lebih Muda

Kawanku - - CURHAT -

Hai, Mbak Vera. Aku cewek yang sudah kelas XII dan lagi disibukkan dengan berbagai bimbel karena aku berniat untuk masuk perguruan tinggi negeri tahun depan. Masalahnya, Mbak, di waktu bersamaan aku juga lagi dekat dengan cowok. Sayangnya, dia masih kelas X dan usianya lebih muda daripada aku. Secara kepribadian aku justru merasa dia lebih dewasa dibandingkan aku. Tapi, aku enggak mau studiku terganggu karena dia. Aku harus gimana ya, Mbak? Terima kasih. (Dila-via email)

Jawaban:

Dalamkasusmukitabutuhmemahamiprioritasdalam hidupmu,dear.Diusiamu,punyaprestasi,lulusUN,dan ujianmasukperguruantinggisamapentingnyadengan kehidupanpertemanandanjatuhcinta.Hanyasaja,cinta adalahemosiyangbisaberubahsamasepertiberubahnya statusemosimusehari-hari.Hariinibisacintamenggebugebu,tahundepanmungkinsudahbiasasaja.Terlepas dariperbedaanusia,statussosial,dansejenisnya. Sementaralulusujianmasukperguruantinggidapat menentukanbagiandaripilihanhidupmukedepan,seperti pilihanjurusandanarahkarirpekerjaanyangmemengaruhi sepanjangusia.Cintaseharusnyasebagaikekuatanuntuk mengembangkandiridankariernyamenjadilebihbaikke depan.Bukansebaliknya,yangmenjadikandiriterpuruk danterbelengguoleh-emosi-emosisesaat.Demikian semogacerahbagimuya dear.

Dalam kasusmu kita butuh memahami prioritas dalam hidupmu, dear. Diusiamu,punya prestasi, lulus UN, dan ujian masuk perguruan tinggi sama pentingnya dengan kehidupan pertemanan dan jatuh cinta. Hanya saja, cinta adalah emosi yang bisa berubah-ubah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.