Masyarakat Antusias Mencari Tiket

Kompas - - EKONOMI - (ARN)

JAKARTA, KOMPAS — Pameran perjalanan yang digelar PT Kereta Api Indonesia (Persero) mendapat sambutan antusias dari masyarakat. Antrean pengunjung yang ingin masuk ke Jakarta Convention Center mengular dua arah hingga ke tepi Jalan Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Sabtu (29/7). Antrean terjadi karena panitia membatasi pengunjung yang masuk. Hanya 20 orang diperbolehkan masuk, dalam tiap 10 menit. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengunjung berdesak di dalam ruang pamer Hall B Jakarta Convention Center yang kapasitasnya terbatas. Pengunjung datang sejak pagi. Bahkan ada yang datang sebelum pukul 06.00. Pembukaan pameran pun akhirnya dipercepat yang semula dijadwalkan Sabtu pukul 09.00 menjadi pukul 08.00. Pembukaan pameran dilakukan Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Deputi Menteri Pariwisata Bidang Pemasaran Dalam Negeri Esty Reko Astuti. Tawaran diskon hingga 70 persen untuk KA eksekutif di Jawa berhasil menarik minat masyarakat. ”Tiket yang dijual lebih dari 640.000 lembar KA eksekutif. Acara ini diadakan untuk mendukung pemerintah menggalakkan pariwisata,” kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro. Masyarakat juga bisa mendapatkan cash back dari Bank Himbara dan boleh membeli tiket untuk hari biasa serta akhir pekan untuk jadwal keberangkatan hingga Oktober 2017. Pada saat yang sama jaringan internet untuk pemesanan juga dibuka. Dengan demikian, pengunjung bisa memesan tiket dari luar ruang pamer, termasuk dari rumah. ”Semula kami meminta kepada pihak penyelenggara untuk meningkatkan jaringan internet agar layanan pemesanan bisa cepat. Namun, mereka menyatakan tidak mampu, akhirnya dibuka. Masyarakat bisa memesan dari mana saja, dan mendapatkan diskon yang disediakan sepanjang tiket masih tersedia,” kata Kepala Humas KAI Agus Komaruddin.

Perbaikan layanan

Agus mengatakan permintaan maaf PT KAI kepada masyarakat atas kejadian ini. ”Kami baru pertama kali mengadakan pameran perjalanan ini. Banyak sekali kekurangan. Kami akan evaluasi dan perbaiki,” kata Agus. Sistem pembelian tiket yang diberlakukan adalah pengunjung membeli tiket tanda masuk Rp 10.000 dan mendapatkan minuman, username, dan password untuk memesan tiket. Jadi, pengunjung harus membeli menggunakan internet, bukan membeli di agen perjalanan. Farhan (18), warga Senen, mengatakan, dirinya sudah mencoba untuk memesan tiket ke Yogyakarta dan Bandung berkali-kali, tetapi internetnya agak lambat. Tiket KA eksekutif dari Jakarta ke Bandung yang biasanya Rp 125.000 dijual dengan harga Rp 30.000. Tiket ke Yogyakarta Rp 120.000. Pada Minggu kemarin masyarakat tidak lagi perlu membayar tiket tanda masuk. Pengunjung langsung datang dan memesan tiket, juga melihat-lihat pameran yang ada. Jika ingin memesan dari rumah juga bisa mendapatkan diskon. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku senang melihat antusiasme masyarakat terhadap moda kereta api. ”Ini membuat kami yakin, pembangunan infrastruktur kereta api sangatlah penting dan sangat dinanti oleh masyarakat,” kata Budi Karya.

KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Pengunjung memadati Jakarta Convention Center, Jakarta, yang berlangsung Sabtu-Minggu (29-30/7), untuk mencari tiket kereta api dalam KAI Travel Fair. PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan 600.000 tiket dengan harga diskon. KAI Travel Fair digelar untuk pertama kalinya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.