Vettel Buka Peluang ke Puncak

Pintu Toro Rosso Terbuka untuk Sean Gelael

Kompas - - OLAHRAGA -

SINGAPURA, KOMPAS — Pebalap Tim Ferrari Sebastian Vettel mematahkan dominasi Lewis Hamilton di babak kualifikasi F1 seri Singapura, Sabtu (16/9), di Sirkuit Marina Bay Street. Dengan merebut posisi start terdepan pada balapan F1, Minggu malam ini Vettel membuka peluang memenangi lomba dan kembali memuncaki klasemen sementara. Wartawan Kompas, Emilius Caesar Alexey, dari Singapura, melaporkan, Vettel menjadi yang tercepat pada babak kualifikasi dengan mencatat waktu 1 menit 39,491 detik. Vettel unggul 0,323 detik dari pebalap Red Bull Racing Max Verstappen yang menempati posisi kedua. Sementara posisi ketiga hingga kelima masing-masing ditempati Daniel Ricciardo (Red Bull), Kimi Raikkonen (Ferrari), dan Lewis Hamilton (Mercedes). Posisi start terdepan bagi Vettel ini merupakan yang ketiga pada musim 2017 dan yang ke-49 sepanjang kariernya di F1. Vettel mulai mengejar prestasi Hamilton yang sudah delapan kali start terdepan musim ini. Vettel sudah menjadi yang tercepat pada 5 menit jelang berakhirnya babak kualifikasi. Namun, persaingan yang ketat pada 5 menit terakhir memaksa Vettel memacu mobilnya hingga batas kecepatan, bahkan menyerempet tembok pembatas. Usaha itu membuat Vettel lebih cepat 0,178 detik dari catatan waktu sebelumnya sehingga tidak terkejar lagi oleh pebalap lainnya. Kegigihan Vettel untuk meraih posisi start terdepan itu sekaligus menghanguskan pesta Red Bull. Hingga menjelang sesi kualifikasi selesai, Verstappen sepertinya akan menjadi pebalap termuda yang meraih pole position di F1. Namun, pebalap berusia 19 tahun itu harus memberikan posisi start terdepan pada Vettel yang tampil brilian. ”Saya berjuang keras sejak sore hari (latihan bebas 3) dan hasil ini sangat menggembirakan. Saya tidak tahu seberapa keras saya memacu mobil, tetapi hasilnya memuaskan karena saya tahu yang saya dapat lakukan,” kata Vettel. Dengan start terdepan dan Hamilton start di posisi kelima, Vettel berpeluang memenangi lomba. Jika mampu menang, Vettel akan menggeser Hamilton di puncak klasemen karena keduanya hanya terpaut tiga poin. Hamilton sementara memimpin dengan 238 poin.

Penentuan Sean

Sementara itu, Ketua tim Toro Rosso Franz Tost memuji penampilan Sean Gelael pada latihan bebas yang digelar pada Jumat lalu. Sean dinilai cepat beradaptasi dari F2 ke F1. Pencapaian target tim dan catatan waktunya dinilai memuaskan. ”Sean harus menjalani tiga kali latihan bebas dan satu kali tes di Abu Dhabi. Setelah itu, kami akan membahas masa depan Sean di F1. Pintu kami terbuka baginya, tetapi semua itu tergantung penampilan dia sebagai pebalap. Sean harus meraih hasil bagus pada musim 2018,” kata Tost. Menanggapi pernyataan Tost, Sean mengatakan, musim 2017 bukan musim yang bagus karena terdapat banyak masalah pada mobil dan tim. Namun, Sean belajar banyak dari semua kesalahan untuk berlomba lebih baik pada musim 2018. ”Pada musim 2018, saya akan memberikan yang terbaik agar dapat menembus F1 pada 2019. Saya akan menerapkan semua ilmu dan pengalaman yang saya dapat selama ini untuk menjadi juara,” kata pebalap berusia 20 tahun itu. Menurut Sean, dirinya akan berusaha tampil sebaik-baiknya pada dua seri terakhir F2 untuk membangun kepercayaan diri menjelang musim 2018. Sean ingin agar hasil pada kedua seri itu sama seperti hasil pada F2 seri Italia saat dirinya meraih poin pada dua lomba. Untuk mendapatkan hasil terbaik pada musim 2018, tim Jagonya Ayam ini mencari tim terbaik bagi Sean. Satu dari tiga tim papan atas sudah sepakat untuk menerima Sean sebagai pebalapnya untuk musim 2018. Namun, nama tim itu belum dapat diumumkan ke publik. Pada sesi latihan bebas pertama, Jumat, Sean menyelesaikan 26 putaran. Kedewasaan Sean dalam memacu mobil tim Toro Rosso juga tecermin dari beberapa kali perbaikan waktu, serta tidak ada insiden selama uji coba. Adaptasi awal dari F2 ke F1 itu membangkitkan harapan untuk naik kelas.

GETTY IMAGES/CLIVE MASON

Percikan api menyala di belakang mobil Ferrari SF70H yang dipacu Sebastian Vettel pada sesi kualifikasi Formula 1 seri Singapura di Sirkuit Marina Bay Street, Sabtu (16/9). Vettel meraih posisi start terdepan untuk balapan F1, Minggu ini pukul 19.00 WIB.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.