”Garuda” Waspadai Kemarahan Myanmar

Tim Nasional U-16 Pesta Gol di Kualifikasi Piala AFC

Kompas - - OLAHRAGA - (DEN)

YANGON, SABTU — Setelah gagal melaju ke final, tim nasional sepak bola Indonesia U-18 akan kembali bertemu Myanmar untuk memperebutkan peringkat ketiga Piala AFF U-18, Minggu (17/9) pukul 15.30 WIB. Meski merupakan laga ”ulangan” fase grup, Indonesia wajib mewaspadai motivasi tinggi tim tuan rumah. Baik ”Garuda Muda” maupun Myanmar sama-sama merupakan tim yang terluka dalam turnamen ini karena gagal melaju ke final. Pada babak semifinal, Indonesia disingkirkan Thailand 2-3 (0-0), sedangkan Myanmar dikalahkan Malaysia 4-5 (0-0). Kedua laga semifinal itu ditentukan melalui adu penalti. Kekalahan itu sama-sama menyakitkan. Indonesia tersingkir meski berjaya selama fase grup, sedangkan Myanmar gagal mempersembahkan gelar juara di negeri sendiri. Karena itu, laga ulangan ini bakal bertensi tinggi. Garuda Muda memang pernah mengalahkan Myanmar 2-1 pada laga perdana di Grup B. Namun, hal itu belum menjamin skuad asuhan Pelatih Indra Sjafri ini bakal dengan mudah kembali menundukkan sang tuan rumah. Dalam dua laga terakhir, Myanmar sempat menyulitkan Vietnam ataupun Malaysia. Di laga ”ulangan” ini, setidaknya, Indonesia sudah mengetahui kelebihan dan kelemahan tuan rumah. ”Tentu kami waspada karena Myanmar tidak mau kalah untuk kedua kalinya dari Indonesia di kandang sendiri,” kata Indra, Sabtu (16/9), di Yangon, Myanmar. Skuad Garuda Muda, kata Indra, juga sudah melupakan kekalahan dari Thailand. Semua pemain kini telah fokus dan berjanji akan mengerahkan kemampuan terbaik dalam laga terakhir ini. Gelandang Syahrian Abimanyu menegaskan akan bertarung dengan kemampuan terbaik. ”Myanmar bermain cepat dan spartan, tetapi tetap ada kelemahannya,” katanya. Untuk mempersiapkan laga pamungkas itu, skuad Garuda hanya melakukan latihan ringan di hotel pada Sabtu sore. Pemulihan kondisi fisik tetap jadi prioritas.

Pesta gol

Pada laga perdana kualifikasi Piala AFC U-16 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, timnas Indonesia U-16 melibas Kepulauan Mariana Utara, 18-0, Sabtu malam. Hamsa Lestaluhu, Mochammad Supriadi, dan Amiruddin Bagus masing-masing mencetak tiga gol. Sutan Diego Armando Zico menceploskan lima gol meski baru masuk pada awal babak kedua. Timnas U-16 berada di Grup G dan selanjutnya akan menghadapi Timor-Leste, Thailand, dan Laos. Pemain diharapkan tidak cepat berpuas diri.

HUMAS PSSI

Indra Sjafri, pelatih tim nasional U-18 Indonesia, mengawasi anak-anak asuhnya saat sesi peregangan saat latihan ringan di hotel tim, Sabtu (16/9). Indonesia akan berebut posisi ketiga Piala AFF U-18 melawan tuan rumah Myanmar di Stadion Thuwunna, Yangon, Minggu ini pukul 15.30 WIB.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.