Produk Inovasi Harus Memiliki Daya Saing

Kompas - - Sains, Lingkungan & Kesehatan -

JAKARTA, KOMPAS — Pengembangan produk dari industri dan perguruan tinggi umumnya belum sampai tahap inovasi berdaya saing. Para pelaku inovasi didorong mengembangkan riset hingga komersialisasi produk.

Pedoman Indikator Capaian Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) mengacu pada Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 42 Tahun 2016 tentang Pengukuran dan Penetapan Tingkat Kesiapterapan Teknologi. Ada sembilan tahap TKT, yakni tahap 1-3 ialah riset dasar, tahap 4-6 adalah riset terapan, dan tahap 7-9 adalah riset pengembangan.

Menristek dan Dikti Mohammad Nasir mengatakan, riset industri dan perguruan tinggi di Indonesia jarang masuk tahap prototipe (riset terapan) dan inovasi. ”Kami ingin hasil inovasi sesuai kebutuhan industri,” kata Nasir dalam Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pendanaan Inovasi Industri dan Inovasi Perguruan Tinggi, Selasa (17/4/2018), di Jakarta.

Untuk itu, Kemristek dan Dikti lewat program pendanaan inovasi teknologi 2018 akan memberi insentif bagi 52 industri dan 13 perguruan tinggi. Dana bantuan inovasi industri Rp 39,1 miliar dan dana inovasi perguruan tinggi Rp 81 miliar. Bidang fokus riset mereka antara lain energi, transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, bahan baku, pangan, serta kesehatan.

Para peneliti dengan fokus risetnya terpilih melalui seleksi dari proposal riset yang diajukan. Menurut Nasir, pendanaan inovasi ini untuk mempercepat pertumbuhan inovasi teknologi di Indonesia. Jadi, peneliti didorong untuk menghasilkan inovasi bagi industri menjadi produk komersial dan berdaya saing tinggi.

”Pendanaan inovasi industri dan perguruan tinggi ini didorong mulai dari tahap hilirisasi hingga ke tahap produksi,” kata Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemristek dan Dikti Jumain Appe. Itu perlu keterlibatan sejumlah pihak bagi kelangsungan riset, antara lain swasta dan perguruan tinggi.

Menurut CEO PT Zenith Allmart Precisindo, Allan Chandrawinata, sebagai industri penerima dana inovasi, tantangan terberat ialah saat berhadapan dengan pasar bebas. Sebab, inovasi industrinya harus bersaing dengan produk bermutu global dengan konsumen potensial kuat. Jadi, pemerintah diminta membantu pemasaran produk hasil inovasi industri lokal agar usaha berkembang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.