Tol Semarang-Batang Selesai Tahun Ini

Kompas - - Ekonomi -

JAKARTA, KOMPAS — Pembangunan Tol Semarang-Batang dipastikan selesai tahun ini. Bahkan, jalan tol ini sudah bisa dimanfaatkan secara fungsional pada Lebaran tahun ini.

PT Jasamarga Semarang Batang, kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, memastikan hal itu seusai melakukan penandatanganan kredit sindikasi perbankan Rp 7,731 triliun di Jakarta, Selasa (17/4/2018). ”Kredit akan kami gunakan untuk penyelesaian jalan tol tersebut. Kebutuhan modal Rp 11,04 triliun dan yang didanai kas internal sebesar 30 persen. Sisanya dipenuhi dari kredit sindikasi,” kata Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang Arie Irianto.

Kredit sindikasi ini berasal dari enam bank, yakni Bank Mandiri, Bank Central Asia (BCA), CIMB Niaga, KEP Hana Bank, Bank Panin, dan Bank Jateng, serta PT Sarana Multi Infrastruktur. Bank Mandiri, BCA, dan CIMB Niaga ditunjuk sebagai joint mandated lead arranger and book runner (JMLAB) dengan kreditor PT Sarana Multi Infrastruktur, KEB Hana Bank, Bank Panin, dan Bank Jateng. Fasilitas kredit sindikasi tersebut berjangka waktu 15 tahun dengan bunga sebesar bunga acuan ditambah 4 persen.

Senior Vice President Bank Mandiri Yusak L S Silalahi mengatakan, pembiayaan proyek infrastruktur menjadi kunci untuk mewujudkan visi pemerintah dalam membangun negeri. Porsi Bank Mandiri dalam kredit sindikasi itu sebesar Rp 2,5 triliun atau 32,34 persen dari total pinjaman sindikasi. Dengan kredit tersebut, Bank Mandiri telah memberikan komitmen pembiayaan untuk pembangunan tol senilai Rp 14,2 triliun.

Jasamarga Semarang Batang merupakan perusahaan konsorsium antara Jasa Marga dan Waskita Toll Road. Jasa Marga memiliki saham 60 persen, sementara Waskita Toll Road 40 persen. Proyek Jalan Tol Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer diproyeksikan beroperasi penuh pada awal 2019.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.