Kepak Sayap ”Garuda”

Kemenangan 4-0 Indonesia atas Taiwan menjadi modal bagus untuk lolos dari fase grup Asian Games 2018. Namun, efektivitas penyelesaian akhir skuad ”Garuda Muda” belum memuaskan.

Kompas - - Olahraga -

BEKASI, KOMPAS — Skuad Garuda mengepakkan sayap dengan mantap di laga pertama mereka pada penyisihan Grup A Asian Games 2018. Tim nasional sepak bola Indonesia U-23 yang sempat mengalami kebuntuan menang telak 4-0 atas Taiwan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (12/8/2018).

Stefano Lilipaly menjadi pahlawan Indonesia dengan membuka keran gol. Dia mencetak dua gol kemenangan yang dilengkapi oleh Alberto Goncalves dan Muhammad Hargianto yang masing-masing mencetak satu gol.

Kemenangan itu membuat Indonesia menempati posisi kedua klasemen Grup A dan membuka jalan untuk lolos dari fase grup. Tiga poin dari kemenangan itu menempatkan Indonesia di bawah Palestina dengan empat poin dari dua laga.

Momen kemenangan Indonesia diraih pada babak kedua saat Lilipaly berubah posisi dari gelandang serang menjadi penyerang kedua yang sejajar dengan Goncalves. Umpan-umpan di depan gawang dapat dimanfaatkan dengan lebih efektif menjadi gol.

Masuknya Saddil Ramdhani juga turut membuat permainan Indonesia lebih cepat dan tusukan ke kotak penalti menjadi lebih tajam. Peningkatan kecepatan Indonesia membuat para pemain Taiwan yang sudah kelelahan semakin tertinggal.

”Saya gembira dapat mencetak gol bagi Indonesia dan membantu tim ini mendapatkan tiga angka. Saya sempat meluapkan emosi karena banyak peluang yang kami sia-siakan pada babak pertama,” kata Liliplay.

Meskipun menang, Indonesia masih menyimpan masalah dengan tumpulnya lini depan yang membuang banyak peluang emas. Masalah ketajaman lini depan bisa menjadi ganjalan Indonesia yang menargetkan finis di empat besar.

Pada babak pertama, Indonesia membuang tujuh peluang emas yang berpotensi menjadi gol. Pada babak kedua, lima peluang lagi yang terbuang dengan sia-sia.

Pelatih timnas Indonesia Luis Milla mengatakan, mencetak gol memang sangat penting untuk kemenangan. Namun, menguasai permainan dan menciptakan banyak peluang juga sangat penting. ”Para pemain sudah menjalankan instruksi dengan sangat baik, tetapi pada babak pertama kami kurang bisa mencetak gol. Kemenangan ini penting sebagai langkah awal, tetapi pemain tetap harus rendah hati dan mempersiapkan diri untuk laga-laga berikutnya,” ujarnya.

Indonesia yang didukung oleh sekitar 26.000 pendukung bermain menekan sejak awal laga. Serangan dari sayap kanan dan kiri menjadi andalan tim Garuda Muda untuk mengurung pertahanan Taiwan. Febri Hariyadi sangat aktif merobek pertahanan Taiwan dari sayap kiri.

Sementara itu, Pelatih Taiwan Pen Wushung mengeluhkan jadwal yang terlalu padat sehingga para pemain kelelahan. ”Dua hari sebelum laga ini kami menghadapi Palestina yang kuat secara fisik. Kami hanya punya waktu istirahat satu hari sebelum menjalani laga berikutnya. Di sisi lain, tim Indonesia juga memiliki banyak pemain yang bagus dan meningkat sangat pesat dibandingkan waktu-waktu sebelumnya,” ujarnya.

Palestina menjaga asa

Pada laga Minggu sore, Palestina membuka harapan untuk lolos dari fase grup setelah menekuk Laos 2-1. Palestina kini mengumpulkan empat poin dari dua laga. Posisi Palestina belum aman karena masih harus menghadapi Indonesia dan Hong Kong di Grup A.

”Kami gembira dapat meraih kemenangan pada laga yang panjang dan melelahkan ini. Kami beruntung dapat mencetak gol dan kami akan bekerja lebih keras pada laga-laga berikutnya,” kata Ayman Sandouqa, Pelatih Palestina.

Kemenangan itu mengakhiri kesialan lini depan saat melawan Taiwan, Jumat. Palestina memiliki 39 tendangan ke gawang, tetapi tidak ada yang berbuah gol sehingga laga berakhir 0-0.

Bagi Laos, ini kekalahan kedua. Sebelumnya, Laos kalah 1-3 dari Hong Kong. Kekalahan itu hampir menutup peluang mereka lolos dari fase grup.

KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

Gelandang serang tim nasional Indonesia, Stefano Lilipaly (tengah), melakukan selebrasi seusai mencetak gol kedua disaksikan Alberto Goncalves (kiri) saat melawan Taiwan dalam babak penyisihan Grup A cabang sepak bola Asian Games 2018 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (12/8/2018). Indonesia menang 4-0.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.