THE ART OF ENJOYING COFFEE

Maxim (Indonesia) - - Arena - Ritual

RITUAL INI YANG SEHARUSNYA ANDA LAKUKAN SEBELUM MENCAPAI KENIKMATAN SECANGKIR KOPI.

—SS BENAR JIKA orang-orang mengenal kopi sebagai pembunuh kantuk, tapi definisi lain mengatakan kopi jadi sebuah pengantar berbagai macam topik pembicaraan. Arenanya juga sudah berubah. Jika dulu banyak orang bisa menikmatinya di teras rumah, sekarang pindah di kedai-kedai atau cafe modern. Tempat yang luas dan furnitur yang didominasi kayu jadi tempat yang cocok untuk meleburkan ide-ide, bukan? Tapi berbicara mengenai kopi bukan hanya soal menghasilkan ide-ide atau topik pembicaraan, kopi adalah sebuah ritual dan rasa. Ritual dan rasa, inilah kunci dari segala pembicaraan yang terjadi berjam-jam hingga cangkir-cangkir kopi lainnya berdatangan. Jika Anda adalah penikmat kopi, inilah ritual yang seharusnya dilakukan.

Separate!

Diseduh asal-asalan, temperatur air yang kebablasan, atau takaran kopi seadanya membuat rasanya tak karuan. Mulai sekarang perbaiki cara lama itu agar kopi jadi lebih nikmat. Kali ini minta waitress untuk memisahkan bubuk kopi dan air panas agar nafsu Anda terhadap kopi yang sesungguhnya tercapai.

Brew Time

Apapun alat dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyeduh kopi, konsisten adalah kuncinya. Untuk mencapai rasa yang sesuai, jangan sampai kekurangan atau kelebihan waktu. Contoh, waktu seduh espresso 20-35 detik, waktu seduh pourover/ drip 2,30-3,30 menit, waktu seduh full immerse 3-5 menit, dan seterusnya.

Water & Temperatures

Itulah mengapa kami menyarankan supaya air dan kopi tidak langsung di campur oleh barista. Karena untuk menciptakan kopi yang nikmat, temperatur air juga berperan penting. Temperatur yang secara umum direkomendasikan berkisar antara 84°-96° celcius. Kalau air terlalu panas atau terlalu dingin kemungkinan rasa kopi Anda, yaitu pahit atau rasa kopi yang tidak optimal.

Coffee & Water Ratio

Untuk membuat kopi yang nikmat memang terbilang repot, apalagi rasio antara air dan kopi yang ternyata juga penting, bahkan wajib hukumnya. Rasio yang baik adalah 15-18 ml air per 1 gram bubuk kopi. Kopi yang terlalu pekat menyebabkan rasa yang pahit, sementara kopi yang terlalu encer membuat rasa dan aroma kopi jadi tidak maksimal.

New Experiment

Ini bukan karena Anda bosan dengan rasanya, tapi menambahkan rasa lain di kopi Anda akan menjadi pengalaman yang baru. Jangan takut untuk mencoba, siapa tahu bahan lain yang Anda masukkan akan menciptakan rasa yang eksentrik. Di lain waktu mungkin Anda akan menjual kopi-kopi eksentrik ini di kedai kopi milik sendiri.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.