Unusual way to make a living

Maxim (Indonesia) - - Alejandra Guilmant -

Terkadang kita tak menyangka beberapa aktivitas dari yang sederhana hingga yang tak lazim dapat menghasilkan banyak uang, bahkan menjadi pekerjaan yang profesional.

Tak sedikit orang yang kurang menyukai pekerjaan mereka, apakah Anda salah satunya? Mungkin karena pekerjaan yang terlalu mainstream dan membosankan, belum lagi ditambah dengan banyaknya tekanan bertubi-tubi yang tak diimbangi dengan imbalan setimpal. Kami bukan ingin menolong Anda dengan solusi-solusi jitu dalam karier, hanya saja beberapa pekerjaan tak lazim berikut ini mungkin dapat menginspirasi Anda untuk berpindah haluan atau paling tidak cukup menghibur di sela deadline, bahkan membuat iri.

Chocolate Consultant

Anda penggemar berat coklat? Bermimpi menjadi Willy Wonka di kehidupan nyata dan mendapatkan banyak uang? Kabar baik bagi Anda karena ada pekerjaan sebagai konsultan coklat. Namun tak semudah yang Anda bayangkan, jika hanya memiliki kemampuan untuk memakan coklat, mungkin semua orang bisa melakukannya. Profesi ini serupa dengan wine tester, Anda harus benarbenar mengerti seluk beluk tentang coklat sejak dari benih, tekstur, rasa, hingga bagaimana coklat meleleh di mulut. Studi khusus tentang coklat pun kini juga sudah ada di beberapa institusi pendidikan. Profesi ini digunakan oleh perusahaan besar coklat untuk uji kelayakan sebelum diproduksi secara masal. Upah yang didapat dari mencicipi coklat ini setara dengan konsultan di bidang lain yang mumpuni, misalnya konsultan politik.

Island Caretaker

Berlibur ke pulau eksotis selama 6 bulan dan meninggalkan hiruk pikuk kota terasa mustahil bagi Anda yang bekerja kantoran. Namun jika Anda ingin melakukan hal tersebut tanpa memikirkan bagaimana kemudian Anda mencari uang, tak perlu khawatir, tersedia pekerjaan sebagai island caretaker. Beberapa agen pariwisata premium mempekerjakan orang untuk tinggal di sebuah pulau eksotis tujuan wisata untuk memberikan berbagai macam review tentang pulau tersebut. Rata- rata waktu kerjanya ialah kontrak per 6 bulan, dan jika ingin diperpanjang Anda juga bisa menjadi tour guide tetap. Berlibur sembari blogging tentang pulau eksotis yang Anda singgahi tanpa perlu memikirkan biaya akomodasi, ditambah lagi dengan upah kerja setelahnya, merupakan sebuah pekerjaan impian, terutama bagi Anda pekerja yang duduk 9 jam sehari di dalam gedung pencakar langit. Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak peluang kerja di bidang ini.

Professional Sleeper

Tak ada yang lebih nikmat dari tidur yang nyenyak di kasur mewah yang lembut dan ketika bangun Anda akan dibayar. Kami rasa tak perlu dijelaskan lagi bagaimana nikmatnya pekerjaan ini. Tidur telah menjadi pekerjaan yang profesional sejak beberapa perusahan besar yang memproduksi kasur mewah melakukan observasi tentang seberapa maksimal kualitas tidur seseorang di atas kasur mereka. Mungkin untuk tugas kerja semacam itu tak terlalu sulit, namun ada juga tugas yang cukup membutuhkan rasa percaya diri lebih, yaitu saat harus tidur di tengah keramaian pengunjung dalam sebuah pameran seni. Belakangan profesi ini juga telah diaplikasikan dalam performance art.

Mereka mendapatkan upah kerja dengan nominal yang cukup membuat iri bagi Anda yang bekerja duduk seharian di kantor.

Waterslide Tester

Salah satu hiburan yang dapat memacu adrenalin dan melepaskan penat adalah berseluncur di atas waterslide. Apalagi setelah cukup puas terombangambing Anda akan mendapat upah kerja sekaligus tiket perjalanan keliling dunia untuk melanjutkan tugas uji coba waterslide di wahana lainnya. Namun pekerjaan yang satu ini lebih berisiko daripada dream job lainnya, karena Anda akan menjadi orang yang pertama kali menaiki waterslide tersebut dan jika ada kegagalan atau kecelakaan yang cukup fatal, maka itu risiko kerja yang harus Anda tanggung.

Google Tricycle

Bayangkan jika pekerjaan Anda adalah bersepeda menikmati pemandangan indah keliling dunia sembari mengayuh sepeda roda tiga. Eksentrik sekaligus menyenangkan. Hal ini merupakan strategi Google Street View untuk menjangkau daerah-daerah di pelosok yang sulit diakses. Namun bukan perkara mudah untuk mengendarainya, sebab sepeda roda tiga ini membawa peralatan canggih setinggi 3 meter dan berat 115 kilogram, yang dilengkapi dengan 9 kamera di setiap sisinya. Google mempekerjakan atlet atau mantan atlet untuk mengayuh sepeda tersebut. Mungkin bagi para atlet yang ingin mendapat penghasilan ekstra dapat mulai menghubungi Google, yang jelas kekuatan kaki sangat dibutuhkan untuk profesi ini.

Fake Executive

Seseorang yang merepresentasikan sebuah perusaahan kepada klien wajib berpenampilan optimal, elegan, dan meyakinkan. Tampilan visual ini juga menjadi strategi bagi perusaahan untuk meyakinkan klien seberapa luas jangkauan bisnis mereka. Beberapa perusahan di Asia khususnya Cina, telah mempekerjakan eksekutif palsu yang berpenampilan bule sebagai representasi perusahaan saat harus bertemu dengan klien. Hal ini merupakan upaya untuk menunjukkan bahwa perusahaannya telah menjangkau pasar secara global. Nampaknya cukup menyenangkan menjalani pekerjaan ini. Anda hanya perlu mempelajari secara garis besar proyek yang akan dikerjakan dengan klien, dan berpenampilan layaknya eksekutif muda yang sebenarnya. Upah yang didapat pun setara dengan mereka yang setiap hari duduk di kantor dan bekerja tetap untuk perusahaan. Namun perlu diingat, ini hanya berlaku bagi Anda yang memiliki tampang bule.

Golf Ball Diver

Pernahkah Anda berpikir tentang bola golf yang terbuang di golf course, khususnya di area danau? Mungkin hanya akan dibiarkan dan menjadi sampah, namun ternyata tidak demikian. Ada orang yang bertugas mengambil bola tersebut untuk dikumpulkan kembali, dan itu telah menjadi sebuah profesi khusus. Para penyelam ini dapat mengumpulkan lebih dari 200 bola golf dalam satu pekan. Pendapatan ratarata dari menjaring ‘mutiara’ di tengah ladang rumput ini pun cukup menggiurkan, berkisar USD 50 ribu hingga 100 ribu per tahun, tergantung di negara mana Anda tinggal. Jika Anda tertarik, maka mulai sambangi beberapa golf course terdekat, mungkin dibuka lowongan untuk golf ball diver.

Poin Penting Untuk Mencari Pekerjaan Impian (Yang Terkadang Tak Lazim) P e l a j a r i Deta i l : Jika Anda memiliki passion yang besar pada salah satu aktivitas Anda gemari, maka pelajari terlebih dahulu dan perdalam hingga Anda tahu seluk beluk...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.