let's fidgetspinning!

Mainan paling hype tahun ini yang mengguncang dunia.

Maxim (Indonesia) - - Hype -

Sebenarnya kenapa sih benda yang sedang hot ini sepertinya banyak mengundang banyak reaksi dari berbagai pihak, dan kenapa benda yang mempunyai kemampuan cuma bisa berputar-putar mampu menjadi lifestyle baru kaum milenial? Salah satu alasan besarnya adalah karena media yang terlalu sering mempublikasikan Fidget Spinner dan kegunaan unik yang sebenarnya masih dipertanyakan. Namun, apa sih sebenarnya kegunaan dari benda unik ini? Atau memang sebenarnya nggak ada gunanya? Berikut merupakan beberapa fakta mengenai fidget spinner. —AL

Manfaat Kognitif

Julie Scweitzer, seorang ilmuwan di UC Davis mengatakan bahwa gerakan fisik membangkitkan kita menghasilkan neurotransmiter yang memperbaiki fokus. Otak akan berkerja lebih fokus ketika melihat suatu benda yang bergerak terus menerus. Dalam konteks fidget spinner, gerakan yang dibuat membuat sebuah ‘kelaparan kolektif’ atas kesenangan gerak mekanis dan taktis. Dengan kata lain, Anda akan merasa adiktif untuk terus memutar spinner karena menyenangkan.

Ditemukan tahun 1990-an

Meski baru hype dalam beberapa waktu belakangan ini, ternyata fidget spinner sudah ada sejak tahun 1993. Mainan ini ditemukan oleh wanita bernama Catherine Hettinger yang kala itu menderita penyakit otot yang mengakibatkan dirinya tidak bisa bermain dengan putrinya. Dari sana ia terbesit untuk membuat sebuah mainan seukuran telapak tangan yang berputar-putar.

Harga yang beragam

Fidget spinner saat ini mempunyai harga yang beragam. Mulai dari puluh ribuan sampai dengan jutaan. Biasanya yang mahal tersebut adalah kombinasi bahan yang digabungkan dengan berlian dan juga emas. Biasanya dimiliki kaum borjuis yang menyukai konsep bling-bling.

Menghilangkan stress

Banyak yang mengklaim bahwa mainan ini bisa menghilangkan stress serta membantu orang yang menggunakannya menjadi lebih fokus. Pasti Anda pernah merasa gelisah, gigit kuku, menggaruk kepala, dan panik. Konon alat ini akan melupakan sejenak pikiran dan perilaku tersebut sehingga membuat pemakainya menjadi lebih rileks.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.