Tanyakan Dokter Anda

dr. Ardiansjah dara, sp.og, M.kes. MRCCC Siloam Hospital, Semanggi, Jakarta (021-29962888) Mayapada Hospital Jakarta Selatan (021-29217777)

Mother & Baby (Indonesia) - - September -

Saya sedang hamil anak ke-2 dengan usia kandungan 8 minggu. Sejak hamil anak pertama, saya memiliki Hb yang sangat rendah (selalu di angka 6). Mata saya juga minus 8. Anak pertama, saya lahirkan secara normal. Apakah saya masih bisa untuk melahirkan secara normal dengan Hb rendah dan minus mata sebesar itu? Hemoglobin (Hb) yang rendah disebut dengan anemia dalam istilah kedokteran. Kondisi ini kadang terjadi pada wanita hamil karena cairan tubuh meningkat, sehingga darah menjadi encer. Untuk mencegahnya, dokter akan memberikan suplemen zat besi atau yang dikenal dengan obat penambah darah. Tetapi jika Hb di angka 6 seperti yang terjadi pada kasus ibu, transfusi darah bisa menjadi salah satu pilihan. Namun sebaiknya konsultasikan dengan dokter penyakit dalam terlebih dahulu. Sebaiknya ibu juga periksa ke dokter mata terkait dengan mata minus yang dialami, sebab tidak semua bumil dengan minus yang tinggi perlu melahirkan secara Caesar.

Perubahan Siklus menstruasi

Saya berusia 26 tahun dan sudah menikah 7 bulan lalu. Sebelum menikah, periode haid saya normal sekitar 23-32 hari. Namun sejak menikah, periode haid saya menjadi 28-48 hari. Saya belum mengalami tanda-tanda kehamilan hingga saat ini. Normalkah atau ada masalah dengan kesuburan saya? Rentang siklus haid normal berlangsung selama 21-35 hari. Sedangkan siklus haid yang terjadi lebih dari 35 hari, sudah dikategorikan tidak normal dan berpotensi menggangu kesuburan. Perubahan periode menstruasi seperti yang ibu alami bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti stres. Oleh karena itu, manajemen stres yang baik juga penting untuk dimiliki. Selain itu, olahraga dan istirahat teratur bisa menjadi solusi alami untuk pengobatan masalah hormonal seperti ini. Semoga dengan penangan berikut, siklus menstruasi ibu dapat kembali normal dan bisa memiliki momongan segera.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.