Arda

Mother & Baby (Indonesia) - - September -

Adakah perubahan yang terjadi setelah menjadi ayah? Setelah menjadi ayah, saya benar-benar menyingkirkan ego. Sebelum ada Kara, saya memiliki banyak waktu untuk melakukan hobi. Namun sekarang harus dibatasi! Kesibukan juga saya kurangi, agar memiliki waktu untuk menemani dan menstimulasi Si Kecil. Selain dari segi waktu, sudut pandang turut berubah. Dahulu saya agak terganggu dengan anak kecil yang menangis di pesawat, kini saya mengerti bahwa menjaga anak saat bepergian itu tidak mudah.

Apa aktivitas favorit Anda bersama Kara? Bermain! Menurut saya, bermain adalah belajar secara sukarela. Kegiatan seperti berjalan, baik di rumah atau di mal merupakan proses belajar untuknya. Dengan berjalan, ia belajar mengenali berbagai tekstur. Saya juga senang memberikan stimulasi melalui gambar. Di umur 1 tahun, Si Kecil sudah hafal gambar gajah, balon, dan objek lainnya, lho!

Adakah kendala yang dialami dalam merawat Si Kecil? Sebenarnya lebih kepada mengatasi rasa bosan. Banyak sisi kehidupan yang harus direlakan setelah memiliki anak. Misalnya hobi maupun hiburan sederhana seperti menonton. Sedalam apa pun rasa sayang terhadap anak, setiap orang pasti pernah merasakan bosan. Bila tidak diatasi dengan baik, kebosanan bisa membuat pikiran tidak jernih dan menimbulkan masalah. Oleh karena itu, saya juga menyediakan waktu untuk refreshing, demikian juga dengan Tantri.

Lalu, apa yang Anda lakukan saat refreshing? Refreshing saya sederhana, seperti main game dan Play Station di rumah, atau menonton film. Bagi saya, pergi ‘manggung’ juga merupakan refreshing sekaligus me time. Untuk memanfaatkannya, saya membawa Play Station saat pentas di luar kota. Waktu istirahat, biasanya saya gunakan untuk bermain game atau menonton film. Kedua hal ini menjadi mood booster untuk menjalankan rutinitas sebagai ayah.

Apa yang selalu membuat Anda rindu dengan Si Kecil? Sosoknya yang cerewet! Saya sering terbangun saat pentas di luar kota, karena ingat Kara. Suaranya sangat khas dan seperti menempel di pikiran saya. Namun, saya sengaja tidak ingin mencari penawar rasa rindu ini. Sebab rasa kangen penting, agar saya tahu bahwa sesuatu atau seseorang yang saya miliki sangat berharga.

HATNA DANARDA (ARDA), 29, Vokalis naff, suami dari Tantri Syalindri Ichalasari dan ayah dari Karanada Medina Tanarda (Kara), 1 tahun 5 bulan.

Check another Dads Tips at www. motherand baby.co.id

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.