Hubungan tetap awet MESKI dilanda duka

Mother & Baby (Indonesia) - - M&b Life -

Situasi duka bisa saja membuat kualitas hubungan Anda dengan pasangan jadi merenggang karena tak bisa mengatasinya. Tiara Puspita memberi tip agar hubungan pasutri tetap langgeng.

1 Satu tim.

Tetap menyadari bahwa Anda dan pasangan adalah satu tim yang sama. Anda dapat melalui masa­masa duka ini bersama­sama sebagai suami­istri, bukan sebagai lawan.

2 Sadari kebutuhan pribadi Anda.

Sadari dan terima perasaan yang sedang Anda rasakan ketika mengalami peristiwa yang tidak mengenakkan. Cari dukungan dari orang terdekat atau mencari bantuan profesional apabila perasaan yang Anda rasakan sudah mengganggu keseharian.

3 Berikan waktu.

Sadari bahwa cara seseorang dalam menghadapi permasalahan atau kehilangan bisa berbeda­beda. Berikan ia waktu untuk berduka atau mengelola emosinya, sambil mengingatkan bahwa Anda mendukungnya.

4 Buat rencana bersama.

Pastikan masa berkabung yang dirasakan sudah cukup dan siap untuk membuat langkah ke depan. Buat rencana bersama yang diinginkan di masa depan.

5 Cari hal-hal yang dapat menyatukan Anda dan pasangan.

Ingat hal­hal yang Anda sukai dari pasangan sebelum peristiwa kehilangan terjadi. Luangkan waktu bersama untuk mendiskusikan perasaan masingmasing. Berikan dukungan satu sama lain.

6 Cari bantuan profesional.

Jika suatu masalah sudah memengaruhi kualitas hubungan Anda dan pasangan, ada baiknya meminta bantuan profesional, seperti psikolog atau konselor, sebagai penengah untuk membantu Anda berdiskusi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.