Aku Berani Disuntik!

Disuntik! Bagi sebagian anak, baru mendengar kata tersebut sudah merasa sangat takut. Hmm, bagaimana caranya agar Si Kecil berani menghadapi jarum suntik, ya?

Mother & Baby (Indonesia) - - News -

Moms harus jujur!

Orangtua memiliki peran penting untuk meredam perasaan takut ketika anak ingin disuntik. Jika anak bertanya apakah mereka akan merasa sakit, Moms disarankan untuk tidak berbohong. Ingat! anak-anak akan belajar berbohong dari Anda dan Anda bisa kehilangan kepercayaan mereka. Sebaiknya, jawablah dengan jujur dan sederhana dengan mengatakan, “Ya, itu akan menyakitkan, tapi hanya beberapa detik.” Setelah selesai, pastikan untuk menunjukkan wajah bahagia dan tersenyum agar mereka tahu semuanya sudah selesai. Moms juga harus memberikan informasi pada Si Kecil bahwa disuntik akan melindunginya dari segala penyakit menular.

tahu kapan harus pergi

Jika Si Kecil masih histeris, mungkin lebih baik Anda mengundurkan diri dan membiarkan perawat atau dokter mengambil alih. Anak-anak kadang-kadang akan bereaksi berlebihan, jika mereka merasa dengan menunjukkan reaksi tersebut orangtua akan menghentikan proses imunisasi. Jika Si Kecil mengamuk, pertimbangkan untuk segera meninggalkan ruangan sehingga perawat dapat melakukan pekerjaan mereka. Anda juga bisa mencoba berdiri di sudut ruangan dan pertahankan kontak mata dengan Si Kecil untuk memberikan dukungan. Melakukan hal itu dapat membantu mempercepat seluruh proses injeksi.

Cegah rasa sakit

Dikutip dari parents.com, beberapa ahli menyarankan agar Anda memberikan krim anestesi pada daerah tubuh yang akan disuntik sekitar 20 menit sebelum pemberian injeksi, ini akan membantu meredam rasa sakit pada kulit Si Kecil. Tanyakan kepada dokter merek apa yang ia rekomendasikan.

ajak bermain

Selama vaksinasi, bantulah Si Kecil untuk tak terlalu berfokus dengan perasaan sakit yang akan ia rasakan. Anda dapat membuat wajah lucu, menceritakan hal yang menyenangkan, atau sekadar menyanyikan lagu kesukaannya.

tetap tenang

Banyak orangtua yang juga memiliki ketakutan saat anaknya akan disuntik. Dikutip dari everydayhealth.com, perasaan takut yang dirasakan oleh orangtua justru akan membuat situasi semakin buruk bagi anak-anak. “Dalam Keadaan ini, rasa cemas pada orangtua pasti akan meningkat. Harusnya, orangtua tetap tenang,” kata Zak Zarbock, MD, seorang dokter anak dalam praktik pribadi dengan Keluarga Pediatri Pertama di Jordan Selatan, Utah.

tawarkan hadiah

Salah satu yang bisa Moms lakukan untuk meredam perasaan takut Si Kecil adalah dengan menawarkan hadiah menarik yang akan Anda berikan untuknya. Misalnya, Anda dapat menawarkan es krim, mainan baru, atau janji akan mengajaknya bermain ke play ground kesukaannya. Hal ini seperti sebuah keuntungan yang bisa Si Kecil dapatkan setelah ia disuntik.

jangan bicara soal proses injeksi

Membicarakan hal tentang proses imunisasi atau proses disuntik sepanjang perjalanan ke dokter adalah hal yang sangat buruk. Ini akan membuat anak justru akan merasakan stres. Anda tidak perlu dramatis dengan terus menceritakan apa saja proses yang akan Si Kecil lalui ketika akan diimunisasi.

jadwalkan imunisasi di pagi hari

Jika anak-anak Anda takut dengan suntikan, sebaiknya buat jadwal sepagi mungkin. Keuntungan lain melakukan penjadwalan pada pagi hari adalah Anda akan memiliki banyak waktu mengatasi rasa sakit Si Kecil setelah disuntik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.