DOKTER ANDA

Mother & Baby (Indonesia) - - Pregnancy News -

OPERASI CAESAR PASCA KURETASE

Saya sudah pernah ? dikuret dua kali. Untuk kehamilan selanjutnya, apabila saya harus melahirkan, haruskah melalui operasi caesar? j Sama sekali tidak ada hubungan antara pasca-kuretase dengan persalinan, sehingga pada kasus ini Mom boleh melakukan persalinan normal. Dengan catatan, dalam kehamilan Mom nanti tidak ada indikasi yang mengharuskan operasi caesar.

PAKAI KOYO SAAT HAMIL

? Saat perjalanan jauh, saya sering mual dan muntah. Sekarang saya sedang hamil, apakah aman jika saya memakai koyo untuk mengatasi rasa mual saya? Apakah pemakaian koyo dapat berpengaruh pada kondisi janin saya? Mual dan muntah j akibat perjalanan bisa saja terjadi, dan penggunaan koyo diperbolehkan asalkan bukan koyo yang terlalu panas. Pemakaian koyo juga tidak berpengaruh ke perkembangan janin. Namun ingat, jangan menempelkan koyo pada perut.

PERSALINAN ? DENGAN MATA MINUS 4

Mata saya minus 4 dan saat ini usia kandungan saya 29 minggu. Mungkinkah saya menjalani persalinan normal? Sebelum memutuskan j persalinan normal atau caesar, Mom harus memeriksa kondisi mata terlebih dahulu untuk dicek retinanya. Jika kondisi retina masih bagus (tidak retak, tidak tipis), maka persalinan normal masih mungkin dilakukan. Karena, apabila mengejan saat melahirkan nanti, risiko retina lepas, robek, dan segala dampak akibat tekanan yang meningkat di kepala dan di dalam mata, kemungkinannya kecil dapat terjadi.

dr. Ardiansjah Dara, SP.OG, M.kes. MRCCC Siloam Hospital, Semanggi, Jakarta (021-29962888)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.