“Anak-anak Menjadi Pengingat Saya”

Dokter Ardiansjah Dara Sjahruddin, SP.OG, 39, dokter spesialis kandungan, suami dari drg. Rahma Landy, 35, serta ayah dari Kim Ameera Sjahruddin, 6, dan Ibrahim Dara Sjahruddin, 8 bulan.

Mother & Baby (Indonesia) - - Father &baby -

Bagaimana rasanya punya anak sepasang? Menyenangkan! Sampai usia 5 tahun, putri pertama kami, Kim, sendiri. Sekarang ada Ibrahim, jadi lebih lengkap.

Apakah Kim cemburu? Di usia 5,5 tahun ternyata masih ada rasa iri. Ia sempat bilang tidak suka dengan adiknya. Untung tidak lama. Kami berstrategi, kalau ada tamu harus ketemu Kim dulu. Setiap ada kado buat Ieb, lewat Kim dulu. Alhamdullilah Kim merasa masih menjadi nomor satu.

Bagaimana saat membantu kelahiran anak sendiri? Saat itu saya jadi asisten paman saya. Pada kelahiran Kim (2012) saya lebih rileks. Waktu Ieb, stresnya luar biasa, asam lambung meningkat, sampai sakit dada saya. Mungkin karena kehadiran Ieb ini lama ditunggu-tunggu, istilahnya anak laki-laki, putra mahkota, jadi agak beda kali.

Anda panik jika anak sakit? Pasti, terutama demam, karena takut kejang. Tapi mungkin karena kami sedikit tahu, jadi lebay. Kalau dokter anak kan lebih tenang ya. Enaknya, kalau ada apa-apa bisa langsung hubungi teman yang dokter anak.

Punya quality time? Karena punya bayi, sekarang quality time lebih banyak di rumah. Kekurangannya, kami jadi ikut ‘berkembang’ seperti anak-anak, ikut menggemuk, haha. Karena cuma main, makan, tidur-tiduran. Itu saja.

Hal terberat sebagai ayah? Ketika ingin menghabiskan waktu dengan keluarga tapi tidak bisa, karena ada pekerjaan. Tapi saya dan istri sepakat bahwa kami hidup untuk keluarga. Sekarang saya atur jadwal praktik tidak full, sehingga bisa pulang untuk ketemu keluarga.

Arti anak-anak bagi Anda? Mereka itu pengingat, jadi “rem” buat saya. Saya jadi mengetahui skala prioritas. Ketika masih punya anak satu, fungsi saya sebagai ayah itu minim. Ketika Ieb lahir, menjadi titik balik dalam hidup saya dan benarbenar baru merasakan nikmatnya jadi ayah. Jadi sekarang saya fokus kerja, jaga kesehatan, kalau ada rezeki lebih, baiknya dipakai untuk jalan-jalan bersama.

Check another Dads Tips at www. motherand baby.co.id

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.